KEPEMIMPINAN KEPALA TRANSORMASIONAL SEKOLAH DALAM MENGHADAPI ERA INDUSTRI 5.0 MENUJU SEKOLAH BERMUTU DI SDN KECAMATAN SERANG KOTA SERANG

Mumun Malilah, Suherman Suherman, Solih Solih

Abstract


Studi ini mengusulkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam menghadapi era industri 5.0 menuju sekolah bermutu.  Penelitian ini mengunakan metode triaguklasi serta pendekatan kualitatif. perubahan merupakan suatu keharusan atau keniscayaan. Seperti sekarang ini, setelah Era revolusi menuju era industri 5.0 sudah tidak asing lagi ditelinga kita dan sudah menjadi perbincangan hangat ahir-ahir ini baik dalam ranah akademisi, pemangku kebijakan public maupun para ekonomi. Kepemimpinan di era industri 5.0 kini tidak dapat lagi dihindari Hasilnya menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki efek penting dalam mengahadapi era Industri baik di tingkat organisasi. Dalam lingkungan bisnis modern, yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan globalisasi yang pesat, didukung oleh fenomena IoT dan Industri 5.0, inovasi sangat diperlukan untuk keunggulan kompetitif dan pertumbuhan ekonomi. Namun, banyak organisasi menghadapi masalah dalam penerapannya yang sebenarnya karena tidak adanya kerangka kerja manajemen inovasi praktis, yang membuat penerapan konsep tersebut sulit dipahami dan bukannya persuasif. Pada tingkat individu, hasil pemodelan linier hierarkis menunjukkan bahwa ada antara kepemimpinan transformasional. Selain itu, kepemimpinan transformasional pada tingkat organisasi, hasil analisis mengungkapkan bahwa kepemimpinan transformasional berhubungan positif dengan inovasi organisasi, yang diukur dengan kriteria berorientasi industri yang dikembangkan secara khusus untuk negara berkembang dan industri yang baru berkembang.

Keywords


Kepemimpinan Transformasional, Era Industri, Bermutu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.