EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAULL (GAME EDUKASI WORDWALL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDIT BINA INSANI KABUPATEN SERANG

Agus Wildan, Suherman Suherman, Isti Rusdiyani

Abstract


Kurangnya pengembangan media yang interaktif dan efektif di sekolah, ditambah lagi dengan kesulitan peserta didik dalam memahami mata pelajaran matematika, hal inilah yang menjadi problematika hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang kelas 5 di SDIT Bina Insani. Penelitian ini termasuk ke dalam Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi menganalisis, mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, angket dan tes. Efektivitas pembelajaran pada penelitian ini menggunakan pre-test sebelum penggunaan, dan post-test sesudah penggunaan media GAULL (Game Edukasi Wordwall). Hasil dari pre-test dan post-test menggunakan uji n-gain score adalah 0,80 berdasarkan nilai rujukan, jika nilai g>0,7 maka masuk dalam kategori “tinggi” yang artinya proses pembelajaran berjalan dengan efektif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.