EFEKTIVITAS MODUL AL-QURAN HADITS BERORIENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Tanti Prasetiowati, Isti Rusdiyani, Fadlullah Fadlullah

Abstract


Media pembelajaran sangat penting digunakan dalam proses pembelajaran sebagai pendukung tingkat keberhasilan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul Al-Quran Hadit berorientasi pembelajaran berbasis masalah pada materi keseimbangan hidup di dunia dan akhirat kelas VIII. Penelitian ini termasuk ke dalam Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis, desain, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan model quasi eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan modul Al-Quran Hadits berorientasi pembelajaran berbasis masalah diperoleh skor N-Gain sebesar 78,3%. Penggunaan modul Al-Quran Hadits yang dikembangkani peneliti sudah efektifi dalam meningkatkan iefektivitas pembelajarani Al-Quran Hadits materi keseimbangani hidup di idunia dan iakhirat kelas iVIII SMP Assalam Jayanti

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.