EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Hesti Gustini, Yayat Ruhiat, Lukman Nulhakim

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis kedekatan dalam memberikan pengetahuan tentang pencemaran lingkungan kepada siswa kelas tujuh di Sekolah Menengah Pertama Mutiara Bunda, Cilegon. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap terpisah, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan berbagai metodologi untuk mengumpulkan data, termasuk wawancara, survei, dan penilaian. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pre-test dan post-test untuk mengevaluasi keampuhan media pendidikan berbasis Nearpod dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Penilaian skor n-gain digunakan untuk menilai hasil pre-test dan post-test. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai g > 0,75 dibandingkan dengan tolok ukur yang telah ditetapkan. Nilai lebih dari 0,7 diklasifikasikan sebagai "tinggi", yang menunjukkan keberhasilan proses pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.