PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR YBKSP BAKTI MULYA 400 PONDOK INDAH, JAKARTA SELATAN

Desy Aulia Mariska, Sudadio Sudadio, Cucu Atikah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengilustrasikan pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru di SD Bakti Mulya 400 Pondok Indah yang berlokasi di Jakarta Selatan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah budaya sekolah di SDN Bakti Mulya 400 Pondok Indah Jakarta Selatan berpengaruh terhadap kinerja guru. Alasan peneliti memilih Bakti Mulya 400 Pondok Indah, Jakarta Selatan, sebagai lokasi penelitian karena belum optimalnya supervisi akademik dan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif ex post facto, dengan jumlah sampel sebanyak 72 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner. Hipotesis tersebut dirumuskan dan diuji dengan menggunakan analisis regresi melalui IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,736 atau 73,6%. Hal ini terbukti bahwa budaya sekolah memiliki dampak positif dan substansial terhadap kinerja guru. Penerapan budaya sekolah yang positif terbukti berkorelasi langsung dengan peningkatan kinerja tenaga pendidik di SDN Bakti Mulya 400 Pondok Indah yang terletak di Jakarta Selatan. Dengan membangun budaya sekolah yang kuat, kualitas pengajaran yang diberikan oleh instruktur ditingkatkan, profesi guru didorong untuk berkembang, pembelajaran difasilitasi dengan penyediaan sumber daya yang diperlukan, pengetahuan ditingkatkan, dan keterampilan guru diasah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.