MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PESERTA DIDIK DI PAUD BINA BANGSA

Cucu Atikah, Putricia Regina Meliawati

Abstract


Artikel ini mengkaji tentang manajemen penyelenggaraan peserta didik, tercapainya manajemen peserta didik membutuhkan berbagai aspek penting maka dari itu artikel ini dibuat untuk mengetahui tahapan serta aspek apa saja yang dibutuhkan dalam manajemen peserta didik. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan objek penelitian adalah kepala PAUD Bina Bangsa yang memiliki peran sebagai pembuat kebijakan, diantaranaya dalam manajemen peserta didik. dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAUD Bina Bangsa telah memenuhi standar dalam manajemen peserta didik yaitu: a) Perencanaan peserta didik dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah peserta didik serta perbandingan antara guru dan anak. b) kehadiran peserta didik akan dicatat kedalam buku absensi. c) Pelaporan serta pencatatan peserta didik dilaksanakan dalam bentuk buku raport. d) Pembinaan peserta didik akan dilakukan melalui beberapa layanan seperti bimbingan dan konseling serta layanan kesehatan. e) Evaluasi peserta didik akan dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan portofolio. f) Kelulusan serta alumni peserta didik dibuktikan dengan pemberian ijazah

Keywords


Manajemen, Satuan PAUD, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Alwi, B. M., Ramadani, S., Suhanir, S., Safira, Z., & Herma, T. (2018).

Manajemen Peserta Didik Pada Pendidikan Anak Usia Dini ,Bandung:Alfabeta

Anggraeni, R., & Effane, A. (2022). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik. Karimah Tauhid, 1(14), 234–239. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7701

Arifin, B. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 1–20. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i2.115

Brantasari, M. (2021). Sosialisasi Manajemen Penyelenggaraan PAUD. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.53620/pay.v1i1.13

Jahari, J., Khoiruddin, H., & Nurjanah, H. (2018). p-ISSN: 2541-383X e- ISSN: 2541-7088 Manajemen Peserta Didik. Isema, 3(2), 170–180.

Muspawi, M. (2020). Memahami Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik.

Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3).

Rifa’i, M. (2018). Manajement Peserta Didik. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Sukatin, Gita Lestari, A., Yanila Grasela, A., Nur Amaliah, D., Asfiyah, F., & Rosadi, J. (2022). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Kurnia Kota Jambi.

Jurnal Bunayya, 8(1), 94–100.

Ulfa, M., & Munastiwi, E. (2020). Analisis Perencanaan dalam

Manajemen Pendirian Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 26–37. https://doi.org/10.35719/leaderia.v1i1.9




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v10i2.22978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.