Korelasi antara Pelatihan Mandiri di Ruang GTK dan Kinerja Guru SMP Negeri di Walantaka
Abstract
Pelatihan guru memainkan peran penting dalam meningkatkan kompetensi profesional dan kualitas pendidikan. Penelitian ini mengkaji hubungan antara pelatihan mandiri di Ruang GTK dengan kinerja guru SMP di Kecamatan Walantaka, Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, dengan sampel sebanyak 30 guru yang dipilih melalui teknik probability sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang signifikan dan positif antara pelatihan mandiri di Ruang GTK dengan kinerja guru, yang ditunjukkan oleh r-hitung 0,735, yang termasuk dalam kategori hubungan yang kuat. Selain itu, nilai signifikansi (0,000 < 0,05) yang menjelaskan bahwa hubungan tersebut signifikan secara statistik. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan mandiri di Ruang GTK dapat meningkatkan kinerja profesional guru. Lebih lanjut, peningkatan kinerja guru secara langsung berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, yang berdampak positif terhadap hasil pendidikan secara keseluruhan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar program pelatihan mandiri yang terstruktur, berkelanjutan, dan sesuai dengan kebutuhan guru dioptimalkan sebagai strategi efektif untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i2.33971
Refbacks
- There are currently no refbacks.