Guru Bersertifikat Pendidik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri

Astri Sulastri, Aan Hendrayana, Isti Rusdiyani

Abstract


Penelitian ini mengkaji dampak keberadaan guru bersertifikat pendidik terhadap peningkatan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri (SDN). Hasil studi menunjukkan bahwa sertifikasi pendidik secara signifikan membekali guru dengan kompetensi pedagogik dan profesional yang lebih baik, memungkinkan mereka untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran secara lebih efektif dan inovatif. Guru bersertifikat pendidik cenderung menggunakan metode pembelajaran yang lebih variatif dan aktif, mengelola kelas dengan efisien, serta memanfaatkan media dan sumber belajar secara optimal. Implikasinya, terjadi peningkatan partisipasi dan motivasi belajar siswa, yang pada gilirannya berkontribusi pada peningkatan hasil belajar mereka di berbagai aspek: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Meskipun sertifikasi bukan satu-satunya penentu mutu pembelajaran, ia menjadi indikator penting komitmen guru terhadap pengembangan diri berkelanjutan dan profesionalisme. Oleh karena itu, program sertifikasi pendidik memegang peran krusial dalam upaya pemerintah untuk menghasilkan pendidik berkualitas yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan mutu pendidikan dasar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v12i1.33987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.