Kinerja Guru dalam Perspektif Komunitas Belajar dan Motivasi Kerja

Syufriatullailah Syufriatullailah

Abstract


Platform Merdeka Mengajar (PMM) menuntut guru untuk melakukan perubahan pembelajaran dengan menggunakan media digital, sehingga guru dituntut untuk meningkatkan komunitas belajar dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru dipengaruhi oleh motivasi dan praktik, kinerja juga ditunjang oleh komunitas belajar, dalam hal ini peneliti tertarik untuk meneliti hubungan antara komunitas belajar dengan dampak motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan analisis data kuantitatif dengan bantuan SPSS statistics 27, untuk mencari statistik deskriptif, menguji asumsi dan menguji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dilakukan di 5 sekolah negeri dengan jumlah guru sebanyak 74 orang. Berdasarkan uji korelasi diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara komunitas belajar dengan dampak motivasi kerja terhadap kinerja guru.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v12i1.33990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.