Analisis Validitas, Reliabilitas, Dan Tingkat Kesukaran Instrumen Tes Pemahaman Konsep Trigonometri Pada Siswa Kelas XI

Yusnita Rahayu, Yayat Ruhiat, Cucu Atikah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran instrumen tes pemahaman konsep trigonometri pada siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan berupa 30 butir soal pilihan ganda, yang disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep menurut NCTM (2000). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan melibatkan 40 siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Kota Serang. Teknik analisis data dilakukan dengan perangkat lunak SPSS untuk menghitung validitas menggunakan korelasi Pearson Product-Moment, reliabilitas menggunakan Cronbach's Alpha, dan tingkat kesukaran berdasarkan proporsi jawaban benar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 butir soal, 23 butir memenuhi kriteria validitas dengan nilai  , sedangkan 7 butir lainnya dinyatakan tidak valid. Uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,866, yang mencerminkan tingkat konsistensi internal yang tinggi. Sebagian besar soal berada dalam kategori tingkat kesukaran sedang, dengan nilai rata-rata proporsi jawaban benar antara 0,63 hingga 0,93. Beberapa soal, seperti soal nomor 22 dengan nilai rata-rata 0,48, memerlukan revisi untuk meningkatkan kualitasnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa instrumen tes ini memiliki kualitas yang baik secara keseluruhan, namun revisi diperlukan untuk beberapa butir soal yang tidak valid dan memiliki tingkat kesukaran rendah.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v12i1.33991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.