PENGEMBANGAN e-MODUL MATEMATIKA UNTUK SISWA SD

Nindy Feriyanti, Sholeh Hidayat, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul matematika dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangandari Borg dan Gall yang dapat menunjang pembelajaran untuk diakses dimanapun dan kapanpun pada pembelajaran matematika kelas III Sekolah Dasar. Metode yang digunakan untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan melalui validasi ahli materi, ahli Bahasa, ahli media, dan uji coba produk. Model Borg dan Gall yang digunakan terdiri dari sembilan langkah pengembangan yakni penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembanngan produk, uji validitas ahli, revisi ahli, uji coba lapangan, uji validitas ahli, revisi ahli, dan revisi produk operasional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket kuesioner skala likert 1 sampai 5 dengan analisis data deskriptif kuantitatif dan persentase. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa e-modul matematika yang dikembangkan melalui beberapa tahap yakni menyiapkan perencanaan berupa cara membuat e-modul matematika, desaine-modul dengan template yang sudah tersedia, dan menggunakannya pada android. Hasil tahap 1 pengujian kelayakan ahli materi sebesar 3,82 dan 76,40 %, bahasa sebesar 3,75 dan 75%, ahli media 3,83 dan 76,60%, dan uji coba lapangan sebesar81,6 %. Sehingga rata-rata skor yang diperoleh sebesar 3,8 dan 77,4 % dengan kategori “cukup”, kemudian dilakukan uji coba Tahap 2 pengujian kelayakan ahli materi sebesar 4,61 dan 92,2%, ahli Bahasa 4,4 dan 88,33%, ahli media sebesar 4,03 dan 80,7% dan uji lapangan sebesar 83,52%. Sehingga rata-rata skor yang diperoleh 4,34 dan 86,18% dengan kategori “layak”. Selanjutnya diadakan tes tertulis dengan rata-rata nilaipost-test pada revisi produk akhir adalah 75. Sehingga produk yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci : e-modul, matematika, Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada

Anwar. 2010. Media Pembelajaran (Modul, Podcast,dll) Catatannya. Tersedia online di: https://civitans.uns.ac.id.

Borg and Gall. 2002. Educational Research An Introduction SeventhEdition. Boston: Library Of Congress Cataloging in Publication Data.

Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfiqon, H.M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran.Jakarta: Prestasi Merdeka.

Olivia, Femi. 2013. Asyik Mind Mapping Kreatif. Jakarta: Gramedia.

Seels, Barbara B. Richley, Rita C. 1994. Instructional Technology: TheDefiniton and Domain of The Field. Washington DC: AECT.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyakarta: Diva Press.

Shiddiq. M. DJauhar, dkk 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD Bahan Ajar Cetak. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sukmadanata, Nana Syaodih. 2009. Pengembangan Kurikulum Teori danPraktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sujadi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman. 2012. Desain Intruksional Modern. Edisi Ke-empat. Jakarta: Erlangga.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan danAplikasinya. Jakarta: Rineka Bhineka.

Winarno, M.E. 2011. Metode Penelitian dalam Pendidikan Jasmani.Malang: Media Cakrawala Utama Press.

Winkel, WS. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Richey, Rita C. and Klein, James.D. 2007. Design and Development Research: Methods, Strategies, and Issues. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publihers.

Suparman. (1993). Media Pembelajaran: Pengertian Modul, Buku, LKPDdan Handout. Tersedia online di ekamayangsafitri.blogspot.com> 2015/11.

Purwaningtyas, dkk. 2017. Pengembangan Modul Elektronik MataPelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas XI Berbasis Online Dengan Program Edmodo. Tersedia secara online di Jurnal Pendidikan EISSN: 2502-471X, Vol 2, No. 1, Bln Januari, Tahun 2017, Hal 121-129.

---------------. 2017. Panduan Praktis Menyusun E Modul Tahun 2017.Direktorat Pendidikan Menengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Putra, Baskara. 2017. Pengembangan E-Modul Berbasis ModelPembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja,” Tersedia Online di Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 14, No. 1, Januari 2017, Hal: 40.

Retno Ningtyas dan Tri Nova Hasti Yunianta, “Pengembangan HandoutPembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas III,” Tersedia Online di Program Studi Pendidikan Matematika-FKIP – UKSW Salatiga, September 2014.

Naval, D.J, ”Development and Validation of Tenth Grade Physics ModulesBased on Selected Least Mastered Competencies”, International Journal Of Education and Research Vol. 2 No. 12 December 2014. http://www.ijern.com/journal/2014/December-2014/14.pdf. 11 Oktober 2015.

N. Izzati, “Pengembangan Modul Tematik dan Inovatif Berkarakter PadaTema Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP,” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Oktober 2013): 183

http://woocara.blogspot.com/2015/12/pengertian-matematika-menurut para ahli.html#ixzz5R4Rhy6kV

https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran, 28 Juli 2018: 08.10

Haritz. 2013. Tutorial Pembuatan Buku Digital Interaktif Menggunakan Sigil.Seamolec. Tersedia Online di: https//hartz.wordpress.com

http://woocara.blogspot.com/2015/12/pengertian-matematika-menurut para-ahli.html#ixzz5R4Rhy6kV)

https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran, diunduh pada 28 Juli 2018:08.10.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v6i1.7406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.