PENGEMBANGAN VIDEO KLIP LAGU SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Mohamad Jajuli, Sholeh Hidayat, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya permasalahan tentang pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Namun yang terjadi di sekolah-sekolah khususnya SDN Kadumerak 1 adalah kurangnya media pembelajaran tersebut, sehingga pembelajaran cenderung hanya mengacu pada buku teks saja. Pengembangan video klip lagu sains ini perlu dilakukan mengingat belum adanya media pembelajaran serupa yang ada di sekolah-sekolah. Padahal dengan menggunakan media audiovisual seperti video klip lagu sains ini pembelajaran akan berjalan lebih menyenangkan, efektif, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk video klip lagu sains yang layak sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa kelas IV SDN Kadumerak 1 kecamatan karangtanjung. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur Pengembangan ini mengadaptasi dari prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall dengan langkah-langkah yaitu: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan desain produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi hasil uji coba lapangan utama, 8) uji coba lapangan operasional, 9) penyempurnaan produk akhir, dan 10) diseminasi dan implementasi. Subjek uji coba adalah siswa kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Subjek uji coba lapangan awal terdiri dari tiga siswa. Subjek uji coba lapangan utama terdiri dari sembilan siswa yang belum terlibat dalam uji coba lapangan awal, dan subjek uji coba lapangan operasional terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, lembar penilaian produk video klip lagu sains, skala respon guru, dan skala respon siswa. Hasil penelitian ini berupa produk video klip lagu sains. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa produk video klip lagu sains tersebut layak menurut ahli materi, ahli musik, dan ahli media dan masuk dalam kategori “sangat baik”. Menurut respon siswa terhadap penggunaannya, video klip lagu sains yang dikembangkan masuk kategori “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video klip lagu sains yang dikembangkan tersebut layak digunakan di lapangan sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa kelas IV MI/SD. Kata Kunci : video klip lagu sains, pembelajaran IPA

Kata Kunci : video klip lagu sains, pembelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


Borg, Walter & Gall, Meredith Damien. 2007. Educational Research. New York: Longman.

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidkan Bagi Anak ynag Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Amri, Sofan & Iif Khoitu Ahmadi. 2010. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka

Anderson, Ronald H. 1987. Pemeilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Arifin, Zaenal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asih, Widi, Wisudawati, dkk.2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Indragiri.2010. Kecerdasan Optimal: Cara Ampuh Memaksimalkan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Starbooks.

Banoe, Pono. Tk. Kamus Musik .Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Bramasti, Rully. 2012. Kamus Matematika. Surakarta: Aksara Sinergi Media.

Campbell, Don.2001. Efek Mozart Bagi Anak-anak: Meningkatkan Daya Fikir,Kesehatan, dan KreativitasAnak Melalui Musik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Depdikbud. 2005. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta Balai Pustaka.

Deswinta. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Endah Ayuning Tias, Esthu. 2008. Cerdas Emosional dengan Musik. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Pamadi, Hadjar,et al. 2011. Pendidikan Seni di SD. Universitas Terbuka.

Prastowo, Andi, 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyakarta: Diva Press.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syafe’I, Nia K. 2002. Pengetahuan Musik I (Teori Musik, Teori Musik Vocal, Mengarang Lagu). Bandung: Galeri Al-Hamra. Yayasan Jabal Rahman. Dhiah Saptorini, dkk, Seri Tematik: Selalu Berhemat Energi, (Jakarta Timur: Yudhistira, 2016), hal. 4.

Ari Subekti, Daerah Tempat Tinggalku/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi Revisi, (Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).

Munir. 2012. Multimedia : Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Rudi dan Cepi. 2008. Media Pembelajaran. Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Sharon E. Smaldino. 2005. Instructional technology and media for learning 8th. United states of America: Pearson Prantice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.