PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR

Tri Pangesti Rahayu, Romli Ardie, Sholih Sholih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tahapan pengembangan bahan ajar matematika berbasis kontekstual (2) kualitas bahan ajar ditinjau dari aspek kevalidan (3) kualitas bahan ajar ditinjau dari aspek kepraktisan dan (4) efektivitas bahan ajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Cisalam Kecamatan Baros Kabupaten Serang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yakni analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan yaitu : (1) lembar penilaian validasi oleh ahli, (2) angket respons peserta didik, dan (3) tes hasil belajar. Kualitas bahan ajar ditinjau dari aspek kevalidan dianalisis berdasarkan data yang diperoleh dari hasil uji validasi ahli, rata-rata skor aspek kevalidan bahan ajar draft 1 adalah 4,01 dan 80,33%, pada draft 2 diperoleh hasil rata-rata skor aspek kevalidan 4,31 dan 86,18%, sehingga bahan ajar dinyatakan sangat baik dan sangat valid. Kualitas bahan ajar ditinjau dari aspek kepraktisan dianalisis berdasarkan data angket respon peserta didik, dan diperoleh rata-rata skor 4,07 dan 81,48% sehingga bahan ajar dinyatakan sangat baik dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan efektivitas bahan ajar dianalisis berdasarkan hasil tes hasil belajar yang dilakukan setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Rata-rata skor tes hasil belajar yang diperoleh peserta didik 74 dan presentase ketuntasan minimal 73,33%, sehingga efektivitas penggunaan bahan ajar dinilai baik dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci : Pengembangan, Bahan Ajar Matematika, Kontekstual


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Dick, Walter, Lou Carey dan James O.Carey. 2005. The Systematic Design of Instruction. Six Edition. Boston. Pearson.

Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Johnson, Elaine.B. 2008. Contextual Teaching & Learning. Diterjemahkan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: Penerbit MLC.

Karso, dkk. 2014. Pendidikan Matematika I. Tangerang Selatan: Unversitas Terbuka.

Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual. Bandung:Refika Aditama.

Nieveen, N. (1999). “Prototype to reach product quality. Dlm. van den Akker, J.,Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)”. Design approaches and tools in educational and training . Dordrecht: Kluwer Academic Publisher

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pribadi, Beni A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Rosalin, Elin. 2008. Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Karsa Mandiri Persada.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran (Edisi Kedua). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumiati dan Arsa. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v6i1.7408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.