PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI DAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

Neng Yuli Anggriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi  yang efektif pada mata pelajaran tematik tema kegemaranku untuk meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi dan hasil belajar, di gugus 1 SDN Cibojong 1 Kecamatan Padarincang -Serang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada 10 langkah Borg& Gall. Subjek pada penelitian ini adalah 27 siswa kelas 1 SD Kadubeureum sebagai kelas kontrol, 33 siswa SDN Cibojong 1  sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa SDN Barengkok sebagai kelas uji coba. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument validasi produk, skala respon guru, skala respon siswa, skala kemampuan berfikir tingkat tinggi,observasi.Data dari instrumen dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif  dan deskriptif kuantitatif dan analisis perbedaan melalui uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi efektif digunakan untuk pembelajaran pada mata pelajaran tematik tema kegemaranku.keefektifan media video animasi oleh ahli materi mendapat penilaian dengan kategori “Baik”, dan oleh ahli media mendapat penilaian “Sangat Baik”. HasilP uji keefektifan media video animasi oleh guru pada uji coba lapangan operasional pada kategori “Baik”. Hasil uji t pada kemampuan berfikir tingkat tinggi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan nilai t =  187 pada taraf signifikansi p = 0,509 (p<0,05) dan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan nilai t = 1,277 pada taraf signifikansi p = 0,734 (p<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan, pembelajaran dengan menggunakan media video animasi yang dikembangkan secara signifikan efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi dan hasil belajar, pada mata pelajaran tematik tema kegemaranku di gugus 1 SDN Cibojong 1 Kecamatan Padarincang –Serang. 

Kata kunci: Animasi, High Order Thinking Skill, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Andriana Johari, Syamsuri Hasan , Maman Rakhman. 2014 8 Penerapan Media Video dan Animasi pada Materi Memvakum dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Departemen Pendidikan Teknik Mesin, FPTK UPI Bandung. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol.1, No.1, Juni 2014.

Alistair Inglis, P. L. 1999. Delivering Digitally Mamanging The Transition to The Knowledge Media. London: Taylor.

Aria Farindhni Dini, 2018. Pengembangan Media Video Animasi Untuk Peningkatan Motivas Belajar dan Karakter Demokratis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VIII, Nomor 2, Oktober 2018. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka. Diakses 23 Januari 2018.

Arifin, A. Z. 2013. Pemanfaatan Media Animasi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Shalat kelas V di SDN Semangka. Universitas Islam Sunan Kalijaga, Tarbiyah dan Keguruan. Yogyakarta: Universitas Islam Sunan Kalijaga.

Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Cibojong 1, S. 2018. Kurikulum 2013. Padarincang- Serang.

Citra Yulia. 2017. Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) dalam pembelajaran kimia. Yuliacitra01.blogspot.com/2017/03/keterampilan-berfikir-tingkat-tinggi,html. Diakses tgl 21 Januari 2019, jam 11.45

Cipta Sumarno, Alim. 2011. Pengertian Hasil Belajar, (On Line) (http://elearning.unesa.ac.id/tag/teori-hasil-belajar-gagne-dan-driscoll-dalam-buku-apa diakses pada 20 Agustus 2018.

‘Definisi atau Pengertian Media Pembelajaran Menurut Ahli’

http://www.definisi-pengertian.com/2015/10/definisi-pengertian-media-pembelajaran-ahli.html Diakses 25 Desember 2018.

Diputra, K. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 5, No. 2, Oktober 2016 (P-ISSN: 2303-288X E-ISSN: 2541-7207), 3.

Dwi Esti Andriani. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik di Kelas Awal Sekolah Dasar. Yogyakarta: Jurusan Administrasi Pendidikan.

Margareta Widiyasanti, 2016. Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD Gugus 02 Kecamatan Srandakan. Jurnal Pendidikan Karakter.Tahun VIII, No 1, April 2018

http://eprints.uny.ac.id/34319/1/tesis-margareta-widiyasanti-14712259015.swf. Diakses 15 Agustus 2018.

Munir. 2015. Multimedia: Konsep& Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nur Dinni Husna. 2018. HOTS ( Higr Order Thinking Skill ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ Diakses tgl 21 Januari 2018.

Peter E. Doolittle, K. P. 2009. Multimedia Learning and Rorking Memory Capacity. (R. Z. Zheng, Penyunt.) United Stated of America: United States of America.

Putu Jerry Radita Ponza , I Nyoman Jampel , I Komang Sudarma, (2018),

Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol. 9 No. (2) pp. 8-18.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sousa, L. d. 2017. The Effect of Multimedia ue on The Teaching and Learning of Social Science At Tertiary Level. L de Sousa, B Richter & C Nel(DOI: http://dx.doi.org/10.17159/2223-0386/2017/n17a1), 2.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar &Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Uno, H. B. 2008. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuono, Hendra Eka. 2017 Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Tematik Tema Lingkungan Kelas III SDN Lowokwaru 1 Malang

http://eprints.umm.ac.id/35492/ Diakses pada 5 Agustus 2018.

Zain, S. B. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.