PENGEMBANGAN MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SLIDE PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP

Sriwulan Purnamasari, Adang Heryawan, Romli Ardie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model media pembelajaran berbasis google slide pada mata pelajaran IPS di kelas VII dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dari ADDIE yang dapat menunjang pembelajaran jarak jauh yang diakses dimanapun dan kapanpun pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan melalui validasi ahli media, dan ahli materi. Model ADDIE yang digunakan terdiri dari lima langkah-langkah pengembangan model media pembelajaran google slide yakni analysis, desaign, development, implementation, evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket kuesioner skala likert 1 sampai 5 dengan analisis data deskriptif kuantitatif dan persentase. Hasil dari penelitian dan pengembagan ini berupa media pembelajaran berbasis google slide pada mata pelajaran IPS dikembangkan melalui beberapa tahap yakni meyiapakan perencanaan berupa materi ajar, desain google slide dengan template yang sudah tersedia, dan membeli Koata Internet. Hasil pengujian kelayakan rata-rata ahli materi pembelajarandraft satu sampai tiga sebesar 47,90, 77,90%, dan82,90 %, dengan kategori Cukup baik, Baik dan Sangat baik. Hasil pengujian kelayakan rata-rata ahli media sebesar draft saru sampai tiga 54,2%, 73,70%, dan 88,4% dengan kategori Baik, Sangat Baik. Hasil respon peserta didik mencapai tingkat kevalidan rata-rata sebesar 83,2%. Kemudian hasil Uji T hasil belajar peserta didik dapat diperoleh nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 di tolak. Hasil uji Normalitas untuk data postest dan prestest yang memiliki nilai yang sama sebesar 0,200, sehingga sig>0,05, maka H0 diterima. Sedangkan hasil uji Homegenitas untuk data post test dan pretest yang memiliki nilai sebesar 1,842, sehingga sig.0,05 maka H0 diterima. Sehingga produk yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. 

Kata kunci : Pengembangan Model Media Pembelajaran Google Slide, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Abdulhak, I., dan Darmawan, D. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahmad Susanto. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran IPS. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafimdo Persada.

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Brach, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York. Spinger science.

Deni Setiawan. Reorientasi Tujuan Utama Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Prespekti Global, (Jakarta: Jurnal JUPIIS,Vol. (5) No 2 2013).

Idad Suhada. 2012. Konsep Dasar IPS. Bandung: CV.Insan Mandiri.

http: //bdkbandung.kemenag.go.id/jurnal/330 – Pembelajaran – IPS – dalam – Kurikulum – 2013. (diakses tanggal 29 November 2018).

http: http://www-ejournal-unisma.net/ojs/index.php/region/article/download/.../451 (Diakses tanggal 1 desember 2018).

Neumann, S., dan Rob Koper. (2010). Instructional Method Classifications Lack.

Komalasari, Kokom. 2011. Media Pembelajaran IPS. Bandung: Reflika Aditama.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.