PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA NARRATIVE TEXT MENGGUNAKAN MEDIA FLASH DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tahapan pengembangan keterampilan membaca Narrative text, (2) kelayakan media flash yang dikembangkan, (3) efektivitas media flash yang dikembangkan dalam meningkatkan keterampilan membaca narrative text Bahasa Inggris di kelas X SMAN 8 Kota Serang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima langkah pengembangan yaitu: (1) analisis, (2) desaian, (3) pengembangan, (4) implementasi dan (5) evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan media pembelajaran berupa lembar validasi untuk ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengetahui efektivitas media berupa lembar angket penilaian untuk peserta didik soal pre-test dan post-test.Hasil validasi ahli materi pada tahap 1 diperoleh skor rerata 3,82 atau 76,47%, pada tahap 2 diperoleh skor rerata 3,85 atau 77,06% dan dinyatakan valid. Hasil validasi ahli bahasa pada tahap 1 diperoleh skor rerata 3,58 atau 71,67%, pada tahap 2 diperoleh 3,92 atau 78,33% dan dinyatakan valid. Hasil validasi ahli media pada tahap 1 diperoleh skor rerata 3,70 atau 74%, pada tahap 2 diperoleh skor rerata 3,85 atau 77% dan dinyatakan valid. Hasil analisis skor rerata angket untuk peserta didik pada tahap 1 diperoleh skor 3,87 atau 77,43% dinyatakan “baik” dan pada tahap 2 diperoleh skor 3,93 atau 78,63% dinyatakan “baik”. Sedangkan berdasarkan hasil pre-test diketahu peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM sebanyak 14 siswa atau 14,18%, dan hasil post-test yang dilaksanakan setelah pembelajaran menggunakan media flash menunjukkan peningkatan banyaknya siswa yang telah mencapai ketuntasan KKM menjadi 27 siswa atau 79,41%. Sehingga dengan demikian media flash dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca narrative text Bahasa Inggris peserta didik kelas X SMAN 8 Kota Serang.
Kata kunci :Pengembangan, Keterampilan Berbahasa Inggris, Media Flash
Full Text:
PDFReferences
________. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.21 Tahun 2016 tentang Standar Isi. Jakarta: Kemendikbud.
________. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran . Jakarta: Rajawali Pers.
Bassham, Gregory, dkk. 2011. Critical Thinking: A Student's Introduction (Fourth Edition). New York: McGraw-Hill.
Birgili, Bengli. 2015. “Creative and Critical Thinking Skills in Problem- based Learning Environments”. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71-80.
Butterworth, John. & Geoff Thwaites, G. 2013. Thinking Skills: Critical Thinking and Problem Solving, Second Edition . Cambrige: Cambrige University Press.
Depdiknas. 2003. Pemendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dick, Walter, Lou Carey dan James O.Carey. 2005. The Systematic Design of Instruction. Six Edition. Boston. Pearson.
Hassoubah, Zaleha Izhab. 2007. Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Bandung: Nuansa.
Hidayat, Sholeh. 2017. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Johnson, Elaine.B. 2008. Contextual Teaching & Learning. Diterjemahkan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: Penerbit MLC.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Kemendikbud.
Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.
Lang, Hellmut R dan David N. Evans. 2006. Models, Strategies, and Methods for Effective Teaching. Boston: Allyn and Bacon.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Maulana. 2017. Konsep Dasar Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Mutiara, D , Zuhairi, A , Kurniati, S . 2015. “Designing, Developing, Producing And Assuring The Quality of Multi-Media Learning Materials For Distance Learners: Lessons Learnt From Indonesia's Universitas Terbuka”. Turkish Online Journal of Distance Education, 8 (2), 95-112.
Ramadianto A, Yuda. 2012. Media pembelajaran flash. Bandung. : Yrama Widya.
Republik Indonesia. 2002. Undang-Undang No.18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jakarta: Sekretariat Negara.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No.23 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No.32 Tahun 2013 Tentang Standar Pendidikan Nasional . Jakarta: Sekretariat Negara.
Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rufii, Rufii. 2015. “Developing Module on Constructivist Learning Strategies to Promote Students’ Independence and Performance”. International Journal of Education ISSN 1948-5476 2015, Vol
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran (Edisi Kedua). Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setyosari, Punaji. 2012.Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Smaldino, Sharon. E. Lowther, Deborah . L. and Russell, James. D, 2008. Instructional Technology and Media for Learning.Ninth Edition. New Jersey : Pearson Education Inc.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukayati. 2003. Pecahan. Yogyakarta: PPPG Matematika Dirjen Dikti Depdiknas.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sumiati dan Arsa. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yograkarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry Guntur. 2009. Membaca sebagai suatuketerampilan berbahasa. Bandung: Angkasa)
Tegeh, I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wiryokusumo, Iskandar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v6i1.7412
Refbacks
- There are currently no refbacks.