PENGEMBANGAN MEDIA MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN PPKn DI SMA

Ida Nurhayati, Sholeh Hidayat, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan model dan desain media komik digital, (2) efektivitas penggunaan media dalam meningkatkan motivasi peserta didik, (3) efektivitas penggunaan media dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Metode yang digunakan untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan melalui validasi ahli media, ahli Informasi dan Teknologi, ahli praktisi, dan uji coba produk, untuk mengetahui efektivitas media dalam meningkatkan motivasi dan kreativitas peserta didik melalui angket motivasi dan kreativitas yang diisi oleh peserta didik. Model pengembangan ADDIE yang digunakan terdiri dari lima langkah pengembangan yakni (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi dan (5) evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket kuesioner skala 1 sampai 5 dengan analisis data deskriptif kuantitatif dan persentase. Hasil dari penelitian dan pengembagan ini berupa media pembelajaran PPKn berbentuk komik digital. Hasil pengujian kelayakan ahli media pembelajaran sebesar 3,73 dan 74,6 % dengan kategori layak, ahli informasi dan teknologi sebesar 3,81 dan 76,2%, ahli materi sebesar 3,89 dan 77,8% dengan kategori layak, dan uji coba lapangan sebesar 3,94 dan 78,7 % dengan kategori layak. Sehingga dengan demikian, komik digital yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan dalam kategori “layak”. Hasil pengujian motivasi peserta didik sebesar 3,92 dan 78,4% dengan kategori “baik”. Hasil pengujian kreativitas peserta didik sebesar 3,90 dan 78,0% dengan kategori “baik”. Sehingga produk yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Komik Digital, Pembelajaran PPKn


Full Text:

PDF

References


Anitah, S. 2009.Media pembelajaran. Kadipiro Surakarta:Yuma Pustaka bekerja sama dengan FKIP UNS.

Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gumelar, M.S. 2011. Comic Making. Jakarta: Indeks

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Miarso, Yusuf. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta. Kencana.

Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Santyasa, I W. 2017. Pembelajaran lnovatif. Bali: Undikhsa Press

Seel, Barbara B. Richey, Rita C. 1994. Instructional Technology : The Definition and Domain of the Field. Washington, DC: AECT

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Sudjana, Nana. 2014. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, N. dan A., Rivai. 1992. Media Pengajaran.Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tegeh, Made Dkk.2014.Model PenelitianPengembangan.Yogyakarta: GrahaIlmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v6i1.7413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.