PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED LANGUAGE LEARNING (CALL) UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI AGUS ARIFIN INSTITUTE

Agus Arifin, Sholeh Hidayat, M Hosnan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan, merancang dan mengembangkan CALL (Computer Assisted Language Learning)untuk membantu pengguna (user) dalam membaca dan memahamiteks-teks berbahasa Arab.Perangkat lunak ini diharapkan dapat menjadi solusi dari persoalan dalam pembelajaran Bahasa Arab, yaitu keterbatasan bahan ajar, keterbatasan jumlah guru.Dan siswa dapat secara mandiri, aktif dan efektif dalam mempelajari bahasa Arab yang selanjutnya mampu membaca Kitab berbahasa Arab.Tahapan-tahapan penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation) dan untuk pegembangan multimedianya mengikuti tahapan pengembangan mutimedia yang dirancang oleh Luther yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution. Agar dapat mencapai hasil sesuai dengan tujuan penelitian, digunakan model evaluasi Logic Model, yaitu program untuk pelaksanaan evaluasi dalam tahapan-tahapan penelitian yang secara sederhana, merupakan keterkaitan elemen input-activities-outputoutcome-impact.Penelitian ini dilaksanakan di Agus Arifin Institute, di kelas eksperimen (menggunakan CALL) dengan pembanding (kelas kontrol) yang tidak menggunakan CALL. Ujicoba perangkat lunak ini dilakukan dengan dua tahap, tahap pertama pengujian kinerja, tahap kedua pengujian terhadap menu, submenu dan toolsdalam CALL. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan CALL terhadap hasil belajar, digunakan uji Independent Sample T-Test terhadap dua kelompok kelas tersebut.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan CALL berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab, serta layak sebagai media pembelajaran.

Kata kunci : CALL, media pembalajaran bahasa Arab, ADDIE, Luther, logic model.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Muhtadi Anshor, 2009. Pengajaran Bahasa Arab Media Dan Metode-Metodenya, Yogyakarta: Teras.

Barbara B. Seels, Rita C. Richey. 1994. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field Association for Educational Communications and Technology Washington, DC.

Sommerville, 2011.Software Engineering 9th Edition, Lancaster: Addison Wesley Publishing.

Kaye Thorne, 2003. Blended Learning: How to Integrate Online and Traditional Learning. Kogan Page Limited. 120 Pentonville Road London N1 9JN UK.

Luther, Arch C., 1994. Authoring Interactive Multimedia, Academic Press, Inc., Massachusettes.

Morgan, K., Morgan, M., Johansson, L.& Ruud, E. 2016. A systematic mapping of the effects of ICT on learning outcomes. Oslo. Knowledge Center for Education.www. kunnskapssenter.no

Piskurich, G. M. 2015. Rapid Instructional Design: Learning ID Fast and Right, John Willey & Sons.

Robert Maribe Branch. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach.1st Springer Publishing Company, Incorporated.

Salkind. Neil J. 2012. Exploring Research, 8th Edition. University of Kansas. Pearson.

Sharon E. Smaldino. 2004. Instructional Technology and Media for Learning. Pearson Merril Prentice Hall, Upper Saddle River, New Jersey Columbus, Ohio.

Sekaran, U., 2016. Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.