PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Yunita Engriyani, Syadeli Hanafi, M Hosnan

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul dan dihasilkan produk modul tematik melalui pembelajaran berbasis masalah yang layak untuk siswa kelas IV SD, yang dapat digunakan sebagai penunjang sumber belajar mandiri bagi siswa. Prosedur
pengembangan ini mengacu pada model pengembangan (research and development) ADDIE. Pengembangan modul tematik melalui pembelajaran berbasis masalah ini dilakukan dengan 5 tahapan, Subjek ujicoba adalah siswa kelas IV SD Negeri Panancangan 1 Kota Serang, yang terdiri dari ujicoba
lapangan awal 4 siswa, ujicoba lapangan 8 siswa, ujicoba pelaksanaan lapangan 20 siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dimulai dengan tahap pertama analisis kebutuhan dilakukan
melalui wawancara yaitu menggali informasi untuk mengetahui permasalahan-permasalahan di kelas, tahap kedua desain kerangka modul, penentuan sistematika, perencanaan alat evaluasi dan untuk mendesain yaitus oftware corel draw x7 dan Microsoft word 2010, tahap ketiga pengembangan bentuk
awal produk yaitu menyusun komponen modul, membuat desain modul, kemudian hasil pengembangan bentuk awal produk dilakukan ujicoba kelayakaan oleh ahli materi dan ahli media, tahap keempat ujicoba lapangan, tahap kelima melakukan evaluasi untuk mengetahui kelayakan modul diterapkan kepada siswa. Pada penelitian ini diperoleh produk akhir berupa modul tematik melalui pembelajaran berbasis masalah yang layak untuk digunakan. Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian produk oleh ahli materi dinyatakan sangat baik (4,50), hasil penilaian produk oleh ahli media dinyatakan baik (3,72). Hasil ujicoba lapangan awal dinyatakan layak (0,89), hasil ujicoba lapangan dinyatakan layak (0,96) dan hasil ujicobapelaksanaan lapangan dinyatakan layak (0,98) dan aktivitas belajar siswa cukup aktif (3,90) dan hasilbelajar siswa yang meningkat dengan rata-rata (77,5). Kata kunci: Modul Tematik, Pembelajaran Berbasis Masalah, Sekolah Dasar.
 

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science.

Conklin, W. 2012. Higher Order Thinking Skills To Develop 21st Century Learners. Huntingon Beach: Shell Educationl Publishing, Inc.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

E. Mulyasa. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eko Putro Widoyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamid, Hamdani. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung : Pustaka Setia.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Ghalia Indonesia.

Handayani, M. 2018. Analisis Isi Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Problem Based Learning, 01(01), 9–21.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai Dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang : Akademia Permata.

Martiyono. 2012. Perencanaan Pembelajaran (Suatu Pendekatan Praktis Berdasarkan KTSP Termasuk Model Tematik). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Nasution. S. 2011. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta : Bumi Aksara.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prastowo. Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

---------- 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, Ed. 2, cet-5.

Sardiman. A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Handayani, M. 2018. Analisis isi modul pembelajaran tematik integratif berbasis problem based learning, 01(01), 9–21.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Smaldino, Aharon. 2011. Instructional Tecknology And Media For Learning : (Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar). Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

………. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarno, A. 2012. Perbedaan Penelitian dan Pengembangan. Elearning : UNESA.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedajogja.

Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: . Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Pustaka Setia.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Utami, R. Sumarni, W. Habibah, N. A. 2017. Unnes Science Education Journal. Unnes Science Education Journal, Pengembangan Media Edukatif Science-Poly Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Tema Energi Dalam Kehidupan 6(1), 1496–1502. http://dx.doi.org/10.15294/usej.v3i2.3349

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Widodo. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.