PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SD

Lina Karlina, Suherman Suherman, Sjaifuddin Sjaifuddin

Abstract


Penelitian ini betujuan (1) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan aktivitas belajar yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dan siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah, (3) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPA, (4) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan aktivitas belajar tinggi dan pembelajaran yang menggunakan model
pembelajaran berbasis proyek dan aktivitas belajar tinggi, (5) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan aktivitas belajar rendah dan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan aktivitas belajar rendah. Sampel pada penelitian ini kelas V, kelas A sebagai eksperimen dan kelas B sebagai kelas
kontrol. penelitian ini menggunakan desain treatment by level 2x2 Secara sederhana desain penelitian eksperimen  Pemilihan kelas tersebut karena kelas V nilai rata-rata mata pelajaran IPA lebih rendah. dianalisis melalui Uji–F diperoleh Fhitung = 5,531 jika dikonsultasikan pada Ftabel pada taraf kepercayaan
95% (α = 0,05) dengan derajat kebebasan 48, diperoleh Ftabel = 1,68. Karena F(hitung)> F(tabel), maka Ho  ditolak  dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan  hasil belajar IPA
Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Belajar , Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika aditama.

Abuddin, Nata. 2011. Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Abuddin Nata. 2011. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana: Remaja Rosdakarya.

Agung. 2009. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Anderson, L., & Krathwohl, D., 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.

Bambang Suryoatmono. 2004. Statistika Nonparametrik dan Penerapannya dalam Penelitian Manajemen. Media Persada.

Chaniago, Ahmad Defri. 2010. Aktifitas Belajar. Interaksi dan Motivasi Belajar- Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta.

Doantara Yasa. 2008. Aktivitas dan Prestasi Belajar. Depdiknas.

Hardini, Sri dan Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta : Familia.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Ibrahim, M., dan Nur, M., 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.

Ismail. 2003. Media Pembelajaran (Model-model Pembelajaran). Proyek Peningkatan Mutu SLTP. Jakarta.

Istarani. 2011. Pembelajaran Inovatif (Refrensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Kristyanto, Agus. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta : UNS Press.

Liu., Min.2005. Motivating Students Through Problem-based Learning. University of Texas: Austin.

Ngalimun. 2013. Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja pressindo.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Pannen, Paulina, dkk. 2001. Kontruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sabri. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Salim , Agus. 2007. Buku Pintar Bola Basket. Bandung : Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz media.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Supriyono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya:Kencana

Tim pengembang MKDP kurikulum dan pembelajaran. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: jurusan kurtekpen FIP UPI.

Udin S. Winaputra. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka.

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v6i2.7418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.