PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF PRAKTIKUM IPA SISWA MTs

Ita Ristika Sari, Sholeh Hidayat, Irwan Djumen

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media CD Interaktif praktikum IPA siswa kelas VII MTs. Al-Khairiyah Rawaarum Cilegon. Jenis penelitian ini menggunakan (R&D) Research and Development dengan model pengembangan Four D dengan langkah-langkah yang terdiri dari: 1). Define, 2). Design, 3). Develop, 4). Dessiminasi. Hasil uji kelayakan media CD Interaktif ini dilakukan oleh ahli media pembelajaran dan ahli materi pembelajaran diperoleh nilai sebesar 88,9% dan 93,3% dengan kategori sangat baik. Hasil nilai rata-rata berdasarkan tanggapan guru sebesar 78% dengan kategori baik, tanggapan siswa diperoleh sebesar 83,3% dengan kategori sangat baik.  Uji keefektifan dilakukan pada bulan Mei 2019 di MTs. Al-Khairiyah Rawaarum. Sedangkan peningkatan hasil belajar memperoleh
indeks gain sebesar 1,24 dengan kategori tinggi. Berdasarkan gain hasil belajar yang di dapat yaitu ≥ 0,7 memiliki kriteria yang tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memberikan tanggapan yang baik terhadap media yang dikembangkan sehingga layak untuk dijadikan sebagai media
pembelajaran yang interaktif serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi organisasi
kehidupan.
Kata kunci: Pengembangan Media, Cd Interaktif, Materi IPA

Full Text:

PDF

References


Agus Sujana, 2004. Psikologi Umum, Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmad Subandi, 1982. Psikologi Sosial, cet. ke-2, Jakarta: Bulan Bintang.

Anderson dan Krathwohl. 2002. Revisi Taksonomi Bloom. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, 2002. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya

Bimo Walgito, 1996. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: UGM, 1996

Burhan Bugin, 2008. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta: Kencana.

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C., 2016. An e-Learning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, Vol. 12 (3).

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan pengembangan bahan ajar. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.

Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waller, V. and Wilson, J. 2001. A definition for e-learning. TheODL QC Newsletter.

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Widiyatmoko, Arif. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Dengan Pendekatan Physics-Edutainment Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif, Journal of Primary Education1, 38-44

Wijaya, I., & Tanjung, F. 2017. Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran CD Interaktif Berbasis Macromedia Director MX pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dinamis, 4(2), 207–219.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.