PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Rudi Tambunan, Suherman Suherman, Suparno Suparno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Apakah ada perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan video pembelajaran dan menggunakan buku pelajaran IPA. 2. Apakah ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dengan yang memiliki minat belajar rendah. 3. Apakah ada interaksi antara penggunaan video pembelajaran dan minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar IPA. 4. Apakah ada perbedaan hasil belajar IPA antara peserta didik menggunakan video pembelajaran pada kelompok minat belajar tinggi dan peserta didik menggunakan buku pelajaran IPA pada kelompok minat belajar tinggi. 5. Apakah ada perbedaan hasil belajar IPA antara peserta didik menggunakan video pembelajaran pada kelompok minat belajar rendah dan peserta didik menggunakan buku pelajaran IPA pada kelompok minat belajar rendah. Penelitian menggunakan metode eksperimen pengaruh media video pembelajaran. Pre Eksperimental Design. Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen atau Pre Eksperimental Design. Pada penelitian yang dilakukan di SMPK BPK PENABUR Serang, populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas VII C dan kelas VII A berjumlah 64 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Tidak ada perbedaan secara signifikan antara hasil belajar peserta didik menggunakan video pembelajaran dan peserta didik menggunakan buku pelajaran IPA. 2. Hasil belajar IPA peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dari peserta didik yang memiliki minat belajar rendah. 3. Tidak terdapat pengaruh interaksi antara perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan media video pembelajaran dan minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar IPA. 4. Untuk pembahasan ke empat peneliti tidak lakukan perhitungan dikarenakan pada pembahasan ketiga jelas terlihat tidak terdapat interaksi antara penggunaan video pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. 5. Untuk pembahasan ke lima peneliti tidak lakukan perhitungan dikarenakan pada pembahasan ketiga jelas terlihat tidak terdapat interaksi antara penggunaan video pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA.

 

Kata kunci : Video Pembelajaran, Minat Belajar, Perbedaan Belajar


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Admin, B. 2009. Taksonomi Bloom. tersedia: http://guru pembaharui.com/peningkatanmutuataupembelajaran/taksonomi-bloom-mengembangkan-strategi-berfikir-berbasis-tik/

Angkoro, R & Kosasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Aldursani, Ridwan. 2008. Ketercapaian Prestasi Belajar [Online]. Tersedia: http://ridwan202.wordpress.com/2008/05/03/ketercapaian-prestasi- belajar. Diakses tanggal 11 Januari 2018.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Daryanto. 2011. Model Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kenneth, D. Moore. 2005. Effective Instructional Stategies From Theory to Practice. London: Sage Publications, Inc.

Loekmono. 1994. Belajar Bagaimana Belajar. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Mohamad, Surya. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung:Pustaka Bani Quraisy.

Nurul Hidayat. 2016. “Kata Kerja Operasional Indikator C1-C6”. Dalam http://www.nurulhidayah.net/kata-kerja-operasional-indikator-c1-c6/, diakses tanggal 5 September 2017.

Sardiman, A. M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.