PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS MEDIA ULAR TANGGA DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Anis Sholihatunnisa, Syadeli Hanafi, Irwan Djumena

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbasis media ular tangga dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini dilakukan di kelas 7 SMP Syafana Islamic School. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan desain penelitian ini menggunakan analisis varian 2 jalur (ANAVA). Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar IPS pada kelompok peserta didik yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis media ular tangga memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkn hasil belajar IPS kelompok peserta didik yang menggunakan model pembelajaran group discussion. (2)  terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis media ular tangga dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar IPS. (3) Bagi peserta didik yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi, hasil belajar IPS antara kelompok yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis media ular tangga lebih tinggi dibandingkan kelompok peserta didik yang menggunakan model pembelajaran group discussion. Hal ini dikarenakan kelompok peserta didik yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi mampu menumbuhkan dinamika kelompok dan bekerjasama untuk mencapai tujuan. (4) Bagi peserta didik yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah, tidak terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis media ular tangga dengan kelompok peserta didik yang menggunakan model pembelajaran group discussion. Perbedaannya adalah peserta didik kecerdasan interpersonal rendah pada kelas eksperimen memiliki rasa percaya diri dan ingin tahu yang meningkat.

Kata kunci: Team Games Tournament, Media Ular Tangga, Kecerdasan Interpersonal, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Rafiq. 2014. Game Methodology for Design Methods and Tools Selection. Journal of Learning Design.

Ali. 2000. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Blume, Freiderike. 2018. Learning and Instruction. Elsevier https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2018.10.004

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ardi Mahasatya.

Donna, Irenne. 2008. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Melalui Pembelajaran Kooperatif Tekhnik TeamsGamesTournaments (TGT) Kaji Tindak di SMAN 58 Jakarta. Jakarta: Skripsi Universitas Negeri Jakarta.

Goleman, Daniel. 2015. Social Intelligence. Jakarta: Gramedia.

Gunawan, Rudy. 2012. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Ke-13 Mei 2007. www.isjd.pdii.lipi.go.id

Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siregar, Eveline., Hartini, Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.