PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X
Abstract
elektronika kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 4 Pandeglangdengan
menggunakan berbagai aplikasi dalam perancangannya dan akhir digitalisasi bahan ajar modul dengan
menggunakan aplikasi kvisoftflipbookmaker. Dalam penelitian ini materi difokuskan pada Komponen
Elektronika.Penelitian ini menggunakanmetode Research & Development( R & D ) sedangkan untuk
model pengembangan yang digunakan adalah Four Ddengan Tahapan 1) Define (pendefinisian), 2)
Design (perancangan), 3) Develop (pengembangan) dan 4) Disseminate (penyebarluasan). Produk akhir
diperoleh setelah melalui uji kelayakan melalui penilaian validasi oleh ahli materi 92,38 %,
penilaian validasi ahli media 85,22% , hasil uji coba kelompok kecil 89,58% dan hasil uji coba
kelompok besar 91,54%Uji efektivitas penggunaan bahan ajar digital berdasarkan evaluasi hasil belajar
mencapai rata-rata 86,17. Berdasarkan penilaian angket minat belajar siswa juga menunjukan
peningkatan yang cukup signifikan minat awal 69,94% dan minat akhir 87,70%. Produk akhir bahan
ajar modul digital dikemas dalam bentuk CD (Compact Disk) dan dioperasikan pada PC atau laptop.
Kata kunci: Bahan Ajar Modul Digital, Kvisoft Flipbook Maker.
Full Text:
PDFReferences
Agnes, Dwi Cahyani, 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronika Dasar berbasis pendidikan karakter di SMK Piri 1Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi UNY.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Aripin, Zaenal. 2017. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arsyad, Azhar, 2010. Media Pembelajaran, Jakarta: Grafindo
Aunurahman, 2010. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta
ChomsinS.Widodo&Jasmadi2008.PanduanMenyusunahan AjarBerbasisKompetensi.Jakarta:PT Gramedia
Djamarah, Saeful Bahri dan Aswan Zain. 2010: Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Rineka Cipta.
Dalyono M, 2015. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2008. PanduanPengembanganBahanAjar.Jakarta: Direktorat Jendral PendidikanDasardan Menengah
Diknas. 2004. Pedoman UmumBahanAjar.Jakarta: Direktorat Jendral PendidikanDasardan Menengah
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelejaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kemendikbud, 2018. Peraturan Dirjen Dikdasmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No. 07/D.D5/KK/2018 tentang Struktur Kurikulum SMK. Jakarta: Kemendikbud.
--------------------, 2018. Peraturan Dirjen Dikdasmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No. 464/D.D5/KR/2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Peljaran Muatan Nasional (A), muatan kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2) dan Kompetensi Keahlian (C3). Jakarta: Kemendikbud.
Lestari. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Malvino, Albert Paul, 2003, Prinsip-Prinsip Elektronika Buku Satu, Salemba Teknika, Jakarta.
Miarso, Y. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Pranamedia Grup.
Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Musdzalifah, 2018. Pengembangan Bahan Ajar Digital pada mata Pelajaran akutansi Manufaktur Kelas XII Akutansi di SMKN 4 Surabaya. Surabaya: Jurnal JPAk Unesa Vo. 6 No. 1 (2018).
Pebrianti, Kiar Vansa, Bakri Fauzi, Dkk. 2018. Pengembangan Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Laarningpada pokok Bahasan Kinematika Garis Lurus , Jakarta: Jurnal Wahana Pendidikan Fisika Vol.2 No.2: 60-70
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yoyakarta: Diva Press
Pribadi, B. A. 2017, Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Riduwan, 2011. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Ruhimat Toto, 2011. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Raja Gravindo Persada
Samsudin, A., Suhandi, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. 2016. Preliminary Design of ICI-based Multimedia for Reconceptualizing Electric Conceptions at Universitas Pendidikan Indonesia. In Journalof Physics: Conference Series (Vol. 739, No.1, p. 012006). IOP Publishing.
Satriawati, Helna. 2015. Pengembangan E-Modul Interaktif sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Sebagai Sumber Belajar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta, Yogyakarta: Tesis UNY
Seels,B.B. & Richey, R.C. (1994). Instructional technology: the definition and domains of the field. (Terjemahan Yusuf Hadi Miarso, Dewi S Prawiradilaga & Raphael Rahardjo. IPTPI, Unit Percetakan UNJ)
Smaldino, E Sharon, Lowther Deborah, Dkk. 2014. Instructional Technology & Media For Learning. Penerjemah Arif Rahman, Jakarta: Penamedia Grup.
Sudijono Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugianto, Doni. 2013. Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Jurnal INVOTEC, 9 (2): 101-116.
Sugiyono. 2006. Statistika untuk penelitian, Bandung: Alpabeta
------------. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alpabeta
Suparman, Atwi. 1997. Desain Instruktional. Jakarta: Rineka Cipta
Surachim, Ahim. 2016. Efektifitas Pembelajaran Pola Pendidikan Sistem Ganda. Bandung: Alpabeta.
Suryaman, Maman. 2008. Metodelogi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press
Thiagarajan, S, Semmel, D. S & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Traninning Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Trainning Institute/Special Education, University of Minnesota.
Taufiqy, Igfir Rijal, 2016. Pengembangan Bahan Ajar Digital Berlandaskan Model GuideProject Based Learning, Malang: Jurnal Pendidikan UNM Vol. 1 No. 4 April 2016.
Tim,2015Buku Panduan Penyusunan Tesis, Serang: Pascasarjana Untirta
Tim Redaksi KBBI PB. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Widodo, Chomsin S. dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo
Wijaya Didik & Hutasoit Andar Parulian, 2004. Tip & Trik Macromedia Flash MX dengan ActionScript, Jakarta: Gramedia
Utomo, Tjipto. 1991. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v6i2.7423
Refbacks
- There are currently no refbacks.