PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X

Lilis Lilis, Yayat Ruhiyat, Irwan Djumena

Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk  mengembangkan bahan  ajar  digital pada mata pelajaran dasar listrik dan
elektronika kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 4 Pandeglangdengan
menggunakan berbagai aplikasi dalam perancangannya dan akhir digitalisasi bahan ajar modul dengan
menggunakan aplikasi kvisoftflipbookmaker. Dalam penelitian ini materi difokuskan pada Komponen
Elektronika.Penelitian ini  menggunakanmetode  Research & Development( R & D ) sedangkan untuk
model pengembangan yang digunakan adalah Four Ddengan Tahapan 1) Define (pendefinisian), 2)
Design (perancangan), 3) Develop (pengembangan) dan 4) Disseminate (penyebarluasan). Produk akhir
diperoleh setelah melalui uji kelayakan melalui penilaian validasi oleh ahli materi  92,38 %,
penilaian validasi ahli media 85,22% , hasil uji coba kelompok kecil 89,58% dan hasil uji coba
kelompok besar 91,54%Uji efektivitas penggunaan bahan ajar digital berdasarkan evaluasi hasil belajar
mencapai rata-rata 86,17. Berdasarkan penilaian angket minat belajar siswa juga menunjukan
peningkatan yang cukup signifikan minat awal  69,94% dan minat akhir 87,70%. Produk akhir bahan
ajar modul digital dikemas dalam bentuk CD (Compact Disk) dan dioperasikan pada PC atau laptop.
Kata kunci: Bahan Ajar Modul Digital, Kvisoft Flipbook Maker. 

Full Text:

PDF

References


Agnes, Dwi Cahyani, 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronika Dasar berbasis pendidikan karakter di SMK Piri 1Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi UNY.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Aripin, Zaenal. 2017. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar, 2010. Media Pembelajaran, Jakarta: Grafindo

Aunurahman, 2010. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta

ChomsinS.Widodo&Jasmadi2008.PanduanMenyusunahan AjarBerbasisKompetensi.Jakarta:PT Gramedia

Djamarah, Saeful Bahri dan Aswan Zain. 2010: Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Rineka Cipta.

Dalyono M, 2015. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2008. PanduanPengembanganBahanAjar.Jakarta: Direktorat Jendral PendidikanDasardan Menengah

Diknas. 2004. Pedoman UmumBahanAjar.Jakarta: Direktorat Jendral PendidikanDasardan Menengah

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelejaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud, 2018. Peraturan Dirjen Dikdasmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No. 07/D.D5/KK/2018 tentang Struktur Kurikulum SMK. Jakarta: Kemendikbud.

--------------------, 2018. Peraturan Dirjen Dikdasmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No. 464/D.D5/KR/2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Peljaran Muatan Nasional (A), muatan kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2) dan Kompetensi Keahlian (C3). Jakarta: Kemendikbud.

Lestari. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Malvino, Albert Paul, 2003, Prinsip-Prinsip Elektronika Buku Satu, Salemba Teknika, Jakarta.

Miarso, Y. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Pranamedia Grup.

Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Musdzalifah, 2018. Pengembangan Bahan Ajar Digital pada mata Pelajaran akutansi Manufaktur Kelas XII Akutansi di SMKN 4 Surabaya. Surabaya: Jurnal JPAk Unesa Vo. 6 No. 1 (2018).

Pebrianti, Kiar Vansa, Bakri Fauzi, Dkk. 2018. Pengembangan Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Laarningpada pokok Bahasan Kinematika Garis Lurus , Jakarta: Jurnal Wahana Pendidikan Fisika Vol.2 No.2: 60-70

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yoyakarta: Diva Press

Pribadi, B. A. 2017, Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Riduwan, 2011. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ruhimat Toto, 2011. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Raja Gravindo Persada

Samsudin, A., Suhandi, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. 2016. Preliminary Design of ICI-based Multimedia for Reconceptualizing Electric Conceptions at Universitas Pendidikan Indonesia. In Journalof Physics: Conference Series (Vol. 739, No.1, p. 012006). IOP Publishing.

Satriawati, Helna. 2015. Pengembangan E-Modul Interaktif sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Sebagai Sumber Belajar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta, Yogyakarta: Tesis UNY

Seels,B.B. & Richey, R.C. (1994). Instructional technology: the definition and domains of the field. (Terjemahan Yusuf Hadi Miarso, Dewi S Prawiradilaga & Raphael Rahardjo. IPTPI, Unit Percetakan UNJ)

Smaldino, E Sharon, Lowther Deborah, Dkk. 2014. Instructional Technology & Media For Learning. Penerjemah Arif Rahman, Jakarta: Penamedia Grup.

Sudijono Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugianto, Doni. 2013. Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Jurnal INVOTEC, 9 (2): 101-116.

Sugiyono. 2006. Statistika untuk penelitian, Bandung: Alpabeta

------------. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alpabeta

Suparman, Atwi. 1997. Desain Instruktional. Jakarta: Rineka Cipta

Surachim, Ahim. 2016. Efektifitas Pembelajaran Pola Pendidikan Sistem Ganda. Bandung: Alpabeta.

Suryaman, Maman. 2008. Metodelogi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press

Thiagarajan, S, Semmel, D. S & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Traninning Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Trainning Institute/Special Education, University of Minnesota.

Taufiqy, Igfir Rijal, 2016. Pengembangan Bahan Ajar Digital Berlandaskan Model GuideProject Based Learning, Malang: Jurnal Pendidikan UNM Vol. 1 No. 4 April 2016.

Tim,2015Buku Panduan Penyusunan Tesis, Serang: Pascasarjana Untirta

Tim Redaksi KBBI PB. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Widodo, Chomsin S. dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo

Wijaya Didik & Hutasoit Andar Parulian, 2004. Tip & Trik Macromedia Flash MX dengan ActionScript, Jakarta: Gramedia

Utomo, Tjipto. 1991. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v6i2.7423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.