PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pandeglang: 2) Perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang berpikir kritis tinggi dengan siswa yang berpikir kritis rendah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pandeglang: 3) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar PPKn di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pandeglang: 4) Perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang berpikir kritis tinggi yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pandeglang: 5) Perbedaan hasil belajar siswa yang berpikir kritis rendah yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pandeglang;6) Perbedaan hasil belajar PPKn yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah antara siswa yang berpikir kritis tinggi dengan siswa yang berpikir kritis rendah di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pandeglang:7) Perbedaan hasil belajar PPKn yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek anatara siswa yang berpikir kritis tinggi dengan siswa yang berpikir kritis rendah di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pandeglang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan jumlah sampel 72 peserta didik. Tempat penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pandeglang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yag menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran berbasis proyek dengan F hitung 21.984 taraf sig sebesar 0.000 < 0.05, 2) terdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang berpikir kritis tinggi dan berpikir kritis rendah dengan F hitung 22.226 dan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05. 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan berpikir kritis terhadap hasil belajar PPKn sebesar : 0,530 dan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05 4) terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang berpikir kritis tinggi yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pandeglang dengan Fhitung 26.952 dan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05, 5) terdapat perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh hasil belajar PPKn siswa yang berpikir kritis rendah yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pandeglang dengan Fhitung 0.135 dan nilai sig sebesar 0.714 > 0.05. 6) terdapat perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh model pembelajaran berbasis masalah dan berpikir kritis rendah dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis projek dan berpikir kritis rendah dengan Fhitung 8.952 dan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05. 7) terdapat perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh hasil belajar PPKn yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang berpikir kritis tinggi dengan siswa yang berpikir kritis rendah di kelas XI SMA Negeri 1 Pandeglang dengan Fhitung 12.593 dan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05.
Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Andriana, Dian. 2013.Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Jakarta: Salemba Medika
Dewi P. S.Retno. M.S Pengaruh .Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Terhadap Hasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di MAN Mojosari 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya diakses 20 September 2019
Fisher Alec. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Hamzah, dan Mohamad, Nurdin. 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovativ, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta. PT Bumi Aksara
Purwanto, 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Remaja Rosdakatrya
Purwanto.(2009).EvaluasiHasilBelajar. Surakarta:PustakaBelajar
Sanjaya.2009. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Jakarta: Kencana
Tan et al. 2003. Intellectual capital and financial returns of companies. Journal of Intellectual Capital Vol. 8 No. 1, 2007 pp. 76-95
Yatim Riyanto. 2009. Paradigma Baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas. Jakarta: kencana Prenada Media
Yulianto, A., dan Setiadi, B. N. 2009. Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT. Indeks
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v6i2.7426
Refbacks
- There are currently no refbacks.