PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn

Lilis Setiawati, Yayat Ruhiyat, Irwan Djumena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1)  Perbedaan  hasil belajar PPKn antara siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pandeglang: 2) Perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang berpikir kritis tinggi dengan siswa yang berpikir kritis rendah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pandeglang: 3) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar PPKn di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pandeglang: 4) Perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang berpikir kritis tinggi yang menggunakan model  pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pandeglang: 5) Perbedaan hasil belajar siswa yang berpikir kritis rendah yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah  dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pandeglang;6) Perbedaan  hasil belajar PPKn  yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah antara siswa yang berpikir kritis tinggi dengan siswa yang  berpikir kritis rendah di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pandeglang:7) Perbedaan hasil belajar PPKn yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek  anatara siswa yang berpikir kritis tinggi dengan siswa yang berpikir kritis rendah  di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pandeglang. Jenis penelitian ini adalah  penelitian kuasi eksperimen dengan jumlah sampel 72 peserta didik. Tempat penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pandeglang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yag menggunakan  model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran berbasis proyek dengan F hitung 21.984  taraf sig sebesar 0.000 < 0.05,  2) terdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang berpikir kritis tinggi dan berpikir kritis rendah   dengan F hitung 22.226 dan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05. 3) Terdapat  interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan berpikir kritis terhadap hasil belajar  PPKn  sebesar : 0,530 dan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05 4) terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang berpikir kritis tinggi yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran berbasis proyek pada siswa  kelas XI SMA Negeri 1 Pandeglang dengan Fhitung 26.952 dan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05, 5)  terdapat perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh hasil belajar PPKn siswa yang berpikir kritis rendah yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran berbasis proyek pada siswa  kelas XI SMA Negeri 1 Pandeglang dengan Fhitung 0.135 dan nilai sig sebesar 0.714 > 0.05. 6) terdapat perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh model pembelajaran berbasis masalah dan berpikir kritis rendah dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis projek dan berpikir kritis rendah dengan Fhitung 8.952 dan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05. 7) terdapat perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh hasil belajar PPKn yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang berpikir kritis tinggi dengan siswa yang berpikir kritis rendah di kelas XI SMA Negeri 1 Pandeglang dengan Fhitung 12.593 dan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05.

Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Andriana, Dian. 2013.Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Jakarta: Salemba Medika

Dewi P. S.Retno. M.S Pengaruh .Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Terhadap Hasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di MAN Mojosari 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya diakses 20 September 2019

Fisher Alec. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hamzah, dan Mohamad, Nurdin. 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovativ, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta. PT Bumi Aksara

Purwanto, 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Remaja Rosdakatrya

Purwanto.(2009).EvaluasiHasilBelajar. Surakarta:PustakaBelajar

Sanjaya.2009. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Jakarta: Kencana

Tan et al. 2003. Intellectual capital and financial returns of companies. Journal of Intellectual Capital Vol. 8 No. 1, 2007 pp. 76-95

Yatim Riyanto. 2009. Paradigma Baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas. Jakarta: kencana Prenada Media

Yulianto, A., dan Setiadi, B. N. 2009. Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT. Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v6i2.7426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.