PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SD

Hermawan Hermawan, Asnawi Syarbini, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswagan menggunakan model STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran IPA pada materi sistem pernapasan manusia. Subjek penelitian dalam hal ini yaitu siswa kelas V SDN Barugbug 1 yang berjumlah 40 orang siswa yang terdiri dari 21 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Maret sampai bulan Mei 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu pada pra siklus siswa kelas V masih pasif dan proses pembelajaran masih berlangsung secara klasikal atau guru sebagai sumber pengetahuan, pada siklus I mulai terlihat keaktifan siswa walaupun tidak seluruhnya, hasil pos tes sebesar 78. 63 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89. 12, siswa lebih aktif, responsif serta saling kerjasama pada siklus II, hasil angket minat meningkat dari 57. 5 siklus I menjadi 80. 62 pada siklus II.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, STAD, Minat Belajar.


Full Text:

PDF

References


Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Agus. 2015. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arief, Armai. 2014. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Basrowi dan Suwandi. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rieneka Cipta.

Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

Depdiknas. 2017. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Departemen Pendidikan Nasional. 2012. Ilmu Pengetahuan Alam, 4. BSE IPA. Jakarta.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2015. Kegiatan Belajar mengajar Berdasarkan Masalah. Surabaya

Ismail, Ryas, Muh. 2013. Pengantar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V: Jakarta: Ganesca.

Khotimah, 2013. Kooperatif Learning: Pembelajaran yang menyenangkan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kusumah. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Kurikulum 2013. Sekolah Dasar Negeri Barugbug 1 Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang. Serang.

Makhrus. 2013. Metode Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Azka.

Mulyani, Sri. 2012. Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Luar Biasa UNY.

Nana, Syaoadih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya

Nur, K. 2013. Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Jakarta: Azka.

PascasarjanaUniversitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2016. Buku Pedoman Penulisan Tesis. Serang.

Robert Slavin. 2010. Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD). Bandung: Nusa Media.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Susanto. 2013. Teori Belajar dalam Pembelajaran. Jakarta: Rineka CIpta.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v5i1.7469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.