PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual dan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA Siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain grup faktorial 2x2. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al-Husna Rangkasbitung Kabupaten Lebak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI A dan VI B, dengan 20 sampel pada kelas eksperimen dan 20 pada kelas kontrol, jadi sampel penelitian sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Hasil analisis pendekatan pembelajaran (Kontekstual dan berbasis masalah), didapatkan nilai Fhitung >Ftabel (20,429 > 4,013) dengan nilai Sig. (0,000) > 0,05, sehingga dapat di ambil kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah. 2) Hasil analisis pengaruh interaksi didapatkan nilai Fhitung< Ftabel (1,470 < 4,013) dengan nilai Sig. (0,230) > 0,05, sehingga dapat di ambil kesimpulan tidak terdapat pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA Siswa. 3) Hasil analisis pendekatan pembelajaran Kontekstual dan Berbasis masalah pada kemampuan berpikir kritis tinggi, didapatkan nilai Fhitung> Ftabel (16,431 > 4,013), dengan nilai Sig. (0,000) < 0,05, sehingga dapat di ambil kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi. 4) Hasil analisis pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah pada kemampuan berpikir kritis rendah, didapatkan nilai Fhitung> Ftabel (5,469 > 4,013), dengannilai Sig. (0,023) < 0,05, sehingga dapat di ambil kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.
Kata kunci: pembelajaran kontekstual, berpikirkritis, hasil belajar sainsFull Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. 2009. Konsep dan Penerapan CBSA Dalam Pembelajaran. Bandung: Sarana Pasca Karya.
Anderson dan Krathwohl. 2002. Revisi Taksonomi Bloom. Jakarta: Rineka Cipta
Anonimus. 2003. Berpikir kritis. www.iss.stthormas.edu/studyguides/Indonesia-Malay/crtthn.htm. diakses tgl 14 Juni 2017
Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: RemajaRosdaKarya.
Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company
Arikunto, Suharsemi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
B. Johnson, Elaine, PH.D. Pengantar Prof. Dr. A. Chaedar Alwasilah. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press, Inc
Depdikbud. 2014. Kurikulum Pendidikan Dasar dalam Garis-garis BesarProgram Pendidikan (GBPP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hassoubah, ZalehaIzhab. 2014. Developing Creative & Critical Thinking Skills. Terjemahan Bambang Suryadi. Bandung: Nuansa.
Liliasari.2010.Pendekatan pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Konseptual Tingkat Tinggi. Malang: JICA-IMSTEP FMIPA UM.
Martinis Yamin&Bansu Ansari. 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: GaungPersada Press
Muhibbin, Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurgiantoro, Burhan. 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, Yogyakarta:BPFE.
Poerwadarminta, W. J. S. 2011. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Redhana, I Wayan. 2013. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran XXXVI. II: 11-21.
Trianto, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta : Prestasi Pustaka
Romlah, N. H. S, 2012. Peningkatan Berpikir Kritis dan Analisis dalam Pembelajaran Bryophyta. Skripsi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sabri, M. Alisuf. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Sarjan, et all. 2013. Buku Paket Sains Sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Klaten: Sahabat.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
_______ 2010. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugandi, Achmad. 2011. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Unnes Press.
Sumaji. et all. 2008. Pendidikan Sains yang Humanistik. Yogyakarta: Kanisius.
Sanjaya, Wina 011, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan, (Jakarta : Rineka Cipta, 2010).
Wina, Made. 2009. Pendekatan pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: BumiAksara
WinaSanjaya, 2006, Pendekatan pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v5i1.7472
Refbacks
- There are currently no refbacks.