PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MASALAH UNTUK MENIGKATKAN POLA WACANA ARGUMENTASI SISWA SEKOLAH DASAR

Agus Wahyudi, Sholeh Hidayat, Enggar Utari

Abstract


Modul pembelajaran adalah media pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam belajar secara mandiri untuk menguasai konsep dan materi-materi yang harus dikuasai.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis masalah untuk meningkatkan pola wacana argumentasi pada tema selamatkan makhluk hidup dan juga perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan modul. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan ASSURE, yang merupakan singkatan dari Analyze learners, State Objectives, Select methods, media and material, Utilize media and materials, Require learner participation, Evaluate and revise.Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Agustus sampai dengan Desember 2017 Semester satu tahun pelajaran 2017/2018.Instrumen dalam penelitian ini adalah angket penilaian kualitas modul, lembar kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar saran serta lembar angket respon siswa terhadap produk akhir modul.Modul dinilai dari aspek didaktik, konstruksi, dan teknis.Sedangkan rencana pelakssanaan pembelajaran dinilai berdasarkan kelengkapan dan kesesuaian dengan modul.Data diperoleh dari angket penilaian kualitas modul dan rencana pelaksanaan pembelajaran dianalisis secara kuantitatif.Data yang diperoleh dari lembar saran digunakan untuk perbaikan modul yang disusun.Hasil dari penelitian ini adalah tersusunya modul berbasis masalah untuk meningkatkan pola wacana argumentasi pada tema selamatkan makhluk hidup. Berdasarkan hasil penilaian kualitas modul oleh ahli media/desain, materi dan praktisi, memperoleh nilai 94 dan penilaian kualitas rencana pelaksanaan pembelajarn memperoleh nilai 94,2, serta dari hasil respon siswa terhadap hasil akhir modul memperoleh nilai 90. Ketiganya termasuk kedalam kategori sangat layak, Dari perolehan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa modul berbasis masalah dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam kelas.

 

Kata kunci : Modul Berbasis Masalah, Argumentasi, Tema Selamatkan Makhluk Hidup, Respon Siswa.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus.2016. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013.Cetakan ke-3. Bandung: Refika Aditama.

Adian, Donny Gahral & Pratama, Herdito Sandi.2013.Teknik Berargumentasi Berpikir sebagai Kecakapan Hidup. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Andi Prastowo. 2011. Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Asyhar.Rayandra.2011. Kreatif Mengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP). Press.

Dananjaya, U.2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.

Darmodjo, H. & J.R.E. (1992). Kaligis.Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas.2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar.Depdiknas. Jakarta.

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Penulisan Modul.Direktorat tenaga kependidikan.

Eemeren. 2001. Crucial Concepts In Argumentation Theory. Amsterdam: University Press.

Heinich, R, Molenda, M., dan Russell,J. 2005. Instructional Technology and Media of Learning. New Jersey: Meril Prentice Hall.

Hidayat Sholeh. 2015. Pengembangan Kurikulum Baru.Cetakan ke-3. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Komalasari, K. 2013. Pembelajaran konstektual konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Koesnandar, 2008.Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web.Tersedia :http://www. Teknologipendidikan.net/2008/02/12/pengembangan bahan-ajar-berbasis-web/.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miarso, Yusufhadi.2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Mudzakir, AS. 2010. Penulisan Buku Teks yang Berkualitas. Tersedia: online http://file.upi.edu/

Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 Tahun 2009.Tentang Pedoman Penulisan Modul Pendidikan dan Pelatihan

Permendikbud no. 24.2016. Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Prastowo, A. 2014.Panduan Kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva press.

Pribadi, Benny A. (2011).Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses.Jakarta: Dian Rakyat.

Purwanto. 2008. Metode Peneitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

___________. 2007. Pengembangan Modul.Jakarta : Depdiknas.

Rahman, M. & S. Amri. 2103. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Riduwan.2011. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2015.Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran.Cetakan ke-7. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

______________, 2013.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Cetakan ke-10. Jakarta: Kecana Prenada Media Group.

Smaldino, S., D.L. Lowther., & J.D. Russell.2012. Teknologi Pembelajaran dan media untuk belajar.Terj.Dari Instructional technology & media for learning.9th ed. oleh Rahman, Arif. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi. Dedi. 2000. Anatomi Buku Sekolah Problematika Penilaian, Penyebaran, dan Penggunaan Buku Pelajaran, Buku Bacaan dan Buku Sumber. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Tim Penyusun Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Warsita, Bambang.2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Widiyoko, Eko Putro. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.Cetakan ke-5. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yaumi, M. 2013. Prinsip-prinsip desain pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Erduran. S., Simon.,& Osborne, J. 2004. TAPing into argumentation: Developments in the application of Toulmin’s argument pattern for studying science discourse, Science Education, 88, 915-933.

Ismiasri, Tatik., Parta I Nengah.Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah yang Dapat Membantu Siswa Memahami Materi Barisan dan Deret Geometri.Juni 2013. 63,KNPM 5 Himpunan Matematika Indonesia.

Roshayanti, Fenny & Y. Rustaman, Nuryani. Pengembangan Asesmen Argumentatif untuk Meningkatkan Pola Wacana Argumentasi Mahasiswa Pada Konsep Fisiologi Manusia. (April 2013). Bioma, Vol. 2, No. 1

Trimantoto, Achmad Subekti. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik “Merawat Hewan dan Tumbuhan” Tema 7 untuk Siswa Kelas 2 SD. 2016. Vol. V. Nomor 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.