PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP

Asep Mohamad Alwi, Sholeh Hidayat, Isti Rusdiyani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini menghasilkan dan mengetahui efektivitas modul IPA berbasis  pendekatan saintifik tema gerak tubuh kita kelas VIII SMP Negeri 2 Cipeucang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Borg and Gall, dengan urutan: 1) potensi dan masalah,  2) pengumpulan data, 3) desain produk menggunakan model Purwanto 4) validasi desain meliputi ahli materi, ahli media, dan praktisi 5) revisi desain, saran ahli 6) uji coba produk, tanggapan perwakilan peserta didik 7) revisi produk, masukan peserta didik 8) uji coba pemakaian dengan pre dan postest control group desain  9) revisi produk, temuan saat kegiatan eksperimen. Hasil validasi ahli materi 84,85 %, ahli media 87,5 %, praktisi 85,1 % dan hasil uji coba produk 89,16 % semuanya masuk kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas melalui uji pemakaian antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pembelajaran dihasilkan 69,44 % untuk pembelajaran menggunakan modul dengan kategori efektivitas kuat dan 58,53 % menggunakan buku teks dengan kategori efektivitas cukup. Pembuktian melalui uji-t diperoleh sig 0,00 angka sig. tersebut ≤ 0,05. Dengan demikian modul baru yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA siswa SMP kelas VIII.

Kata kunci: Modul IPA, Pendekatan Saintifik.


Full Text:

PDF

References


Belawati, Tian. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Devi, Poppy Kamalia. 2016. Modul Guru Pembelajar IPA SMP: Pendekatan-Pendekatan Pada Pembelajaran . Jakarta: Dirjen GTK Kemendikbud.

Kemendikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v5i1.7474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.