PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DAN SIKAP BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Mufti Ali, Sholeh Hidayat, Yayat Ruhiat

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh strategi pembelajaran konstruktivisme dan sikap belajar siswa pada pelajaran Fisika. Subjek penelitian kelas X dengan populasi 98 responden dan sampel masing-masing 33 responden kelas X.1 dan X.2 di SMA Al-Khairiyah 4 Cilegon pada bulan Mei. Sampel menggunakan simple random sampling. Metode penelitian adalah eksperimen dengan disain faktorial 2x2, yaitu satu variabel kriteria berupa hasil belajar dan dua variabel perlakuan berupa strategi pembelajaran konstruktivisme (A1) dan ekspositori (A2), serta sikap positif (B1) dan negatif (B2). Analisis data meliputi analisis deskriptif dan induktif (uji Tukey). Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara strategi pembelajaran konstruktivisme dan strategi pembelajaran ekspositori (Fhitung 5,388>Ftabel 3,988), 2) tidak terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap belajar siswa (Fhitung 1,468<Ftabel 3,995), 3) terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara strategi pembelajaran konstruktivisme sikap belajar positif dan strategi pembelajaran ekspositori sikap belajar positif (Qhitung 4,610>Qtabel 3,739), 4) tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara strategi pembelajaran konstruktivisme sikap belajar negatif dan strategi pembelajaran ekspositori sikap belajar negatif (Qhitung 0,559<Qtabel 3,739); dan 5) tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara strategi pembelajaran ekspositori sikap belajar positif dan strategi pembelajaran ekspositori sikap belajar negatif (Qhitung 1,397<Qtabel 3,739).

Kata kunci: model pembelajaran, konstruktivisme, ekspositori, sikap belajar siswa, hasil belajar fisika.


Full Text:

PDF

References


Abdulhak, Ishak dan Deni Darmawan. 2015. Teknologi Pendidikan. Cet.2. Bandung: Rosdakarya.

Alonso, Marcelo dan Edward J. Finn. 1994. Dasar-dasar Fisika Universitas. Cet.3. Jakarta: Erlangga.

Amir, M. Taufiq. 2015. Merancang Keusioner. Jakarta: Prenadamedia Group.

Anderson, Lorin W dan David R. Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anwar, Chairul. 2017. Teori-teori Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_______. 2013. Manajemen Penelitian. Cet.12. Jakarta: Rineke Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2015. Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Cet.20. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Cet.3. Bandung: Rosdakarya.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Cet.3. Jakarta: Rineke Cipta.

Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Cet.5. Bandung: Rosdakarya.

Hidayat, Sholeh. 2015. Pengembangan Kurikulum Baru. Cet.3. Bandung: Rosdakarya.

Kasmadi dan Nia Siti Sunariah. 2016. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Cet.3. Jakarta: Rajawali Pers..

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. cet.3. Bandung: Rosdakarya.

Riduwan. 2014. Pengantar Statistika Sosial. Cet.4. Bandung: Alfabeta.

Rihwayudin, Arvi. 2015. Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar Vol.6 Edisi 1. Universitas Palangkaraya.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. cet.2. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Saiful. 2008. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Cet.6. Bandung: Alfabeta.

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pendidikan. Cet.3. Jakarta: Bumi Aksara.

Subagya, Hari dan Agus Taranggono. 2007. Sains Fisika 1 SMA/MA. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Cet.23. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono dan Agus Susanto. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, M. 2009. Evaluasi Pendidikan. Cet.2. Jakarta: Bumi Aksara.

Supardi, dkk. Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif 2(1): 71-81. ISSN; 2088-351X. Universitas Indraprasta PGRI.

Syah, Muhibin. 1999. Psikologi Belajar. Cet.2. Jakarta: logos Wacana Ilmu.

Taufik. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Inti Prima.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumu Aksara.

Ultanir, Emil. 2012. An Epistemological Glance At The Constructivist Approach: Constructivist Learning In Dewey, Piaget, And Montessori. International Journal of Instruction e-ISSN: 1308-1470. Vol. 5, N0.2 p-ISSN: 1694-609X. Turkey. Mersin University

Wahyana. 1996. Pengelolaan Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardoyo, Sigit Mangun, 2015. Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Cet.4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.