PENGEMBANGAN MODEL KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA LEMBAGA PAUD UNTUK MENCIPTAKAN BUDAYA SEKOLAH BERKARAKTER DI KOTA SERANG

Suparno Suparno, Luluk Asmawati

Abstract


Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah menyiapkan pemimpin Lembaga PAUD harus memiliki visi yang mampu PAUD yang berkarakter. Pelaksanaan pendidikan karakter di satuan pendidikan LPAUD diharapkan mengalami berbagai perubahan. Perubahan yang diperlukan adalah sikap, penguasaan keterampilan yang dipersyaratkan untuk dikembangkan melalui implementasi kegiatan-kegiatan di LPAUD. Target khusus penelitian ini: (1) untuk mengetahui visi kepemimpinan visioner Kepala LPAUD, (2) untuk mengetahui karakteristik kepemimpinan visioner, (3) untuk mengetahui tahapan model dan penciri kepemimpinan visioner yang berkarakter, (4) untuk mengetahui kendala yang dihadapi untuk mewujudkan kepemimpinan visioner Kepala LPAUD berkarakter di kota Serang. Metode dalam penelitian ini adalah metode pengembangan model Borg dan Gall. Peneliti mendesain pengembangan kepemimpinan visioner kepala Lembaga PAUD Berkarakter melalui 4 tahapan pengembangan model yaitu: (1) model awal yaitu mengidentifikasi akreditasi LPAUD, visi LPAUD, profil kepala LPAUD, (2) model draft 1 jenis pelatihan yang telah diikuti dan pelatihan yang diperlukan oleh Kepala LPAUD untuk mewujudkan internalisasi kegiatan pendikar menjadi budaya di sekolah atau Lembaga PAUD, (2) model draft 2 temuan-temuan hasil penelitian pada instrument kepemimpinan Kepala PAUD visioner yaitu: (a) mampu merumuskan visi LPAUD dengan kriteria sangat baik, (b) mampu menjelaskan program-program kegiatan untuk mewujudkan visi sekolah yang berkarakter, (c) mampu menunjukkan kejelasan perencanaan yang proaktif dan mengembangkan perubahan, (d) mampu mentransformasi visi atau memvisualisasikan dan mengembangkan kerjasama, (e) mampu mengambil risiko, belajar secara berkesinambungan, dan proaktif terhadap perubahan. Temuan-temuan penelitian pada instrument budaya karakter sekolah yaitu: (a) religius, (b) gotong royong, (c) mandiri, (d) integritas, (e) nasionalis; (4) model final bahan ajar pelatihan kepemimpinan visioner kepala LPAUD dan budaya sekolah karakter. Kesimpulan karakter merupakan kualitas diri yang mampu membuat anak berbeda dengan lainnya. Karakter bersumber kepada nilai-nilai yang berasal dari budaya bangsa, filosofi negara yaitu Pancasila, dan agama. Karakter bangsa Indonesia adalah karakter yang dimiliki warga negara Indonesia yang mencerminkan sikap dan tindakan-tindakan yang melahirkan suatu kebajikan berdasarkan nilai yang berlaku di masyarakat dan bangsa Indonesia. Penekanan pendidikan karakter pada penumbuhan sikap dan keterampilan seluruh komponen LPAUD yang diintegrasikan ke dalam seluruh kegiatan di LPAUD. Harapan hasil penelitian ini dapat menjadi LPAUD rujukan dengan penciri karakter yang bervariasi yang terjalin utuh melalui perencanaan pembelajaran, pengembangan proses pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan indikator sekolah dan kelas.

Kata kunci: Model Kepemimpinan Visioner, Karakter Budaya Sekolah


Full Text:

PDF

References


Balitbang Puskurbuk. 2001. Panduan Pendidikan Karakter, (Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan..

Beach, L.R. 1993. Making The Right Decission: Organizational Culture, Vision, and Planning. New Jersey: Prentice Hall: England Cliffs.

Cox, M dan Rock, M.E. 1997. The Seven Pillars of Visionary Leadership: Alligning Your Organization for Enduring Success. Toronto, ON: Dryden-Harcourt Brance Canada.

Cox, M. and Rock, M.E. 1997. The Seven Pillars of Visionary Leadeship: Alligning Your Organization For Enduring Success. Toronto: Dryden-Harcourt Brance Canada.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Pedoman Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. (Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD, 2011).

Frances Hasselbein, Marshall Goldsmith and Richard Beckhard. 1997. The Leader of The Future: New Visions, Strategies, and Practices For The Next Era. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.

Heifetz, Ronald A. 1994. Leadership Without Easy Answers. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Kolhberg, Lawrence Kohlberg. 1995. Tahap-tahap Perkembangan Moral. Terjemahan: Jhon de Santo dan Agus Cremers. Jogjakarta: Kanisius..

Kotter, J.P. 1996. Leading Change. Boston: Harvard Business School Press.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam.

Locke, E.A. and Associates. 1997. Esensi Kepemimpinan: Empat Kunci Untuk Memimpin Dengan Penuh Keberhasilan. Jakarta: Spectrum.

Nunus, Burt. 1992. Visionary Leadership: Creating a Compelling Sense of Direction for Your Organization. San Francisco: Jossey-Bass Publishers.

Rusnak, Timothy. 1998. An Integrated Approach to Charajcter Education. California: Corwin Press..

Sashkin, Marshall. 1989. From Visionary Leadership, ‘’ In Comtemporary Issues Leadership. 2 nd Edition. William E. Rosenbach and Robert L Taylor, eds. Westview Press. 1989. As edited by J Thomas Press. The Leader’s Companion: Insights on Leadeship Through The Ages. New York: The Free Press, 1995.

Stephen, C. Harper. 2001. The Forward-Focused Organization: Visionary Thinking and Breakthrough Leadership To Create Your Company’s Future. New York: Amacom.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.