PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus melakukan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Subyek penelitian terdiri dari peneliti dan penerapan pembelajaran kooperatif jigsaw dan minat belajar siswa sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara obyeknya adalah siswa kelas IV SDN Kampung Baru Kecamatan Grogol Kota Cilegon berjumlah 44 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kampung Baru Kecamatan Grogol Kota Cilegon yaitu peningkatan minat belajar siswa pada siklus I sebesar 53,4 kategori cukup meningkat secara positif pada siklus II sebesar 74,7 dengan kategori baik dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar mulai dari temuan awal sebesar 47,05, siklus I sebesar 64,09, dan siklus II sebesar 87,04.
Kata kunci : jigsaw, hasil belajar matematika, minat belajar
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.
Jamarah, S. B. 2014. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Cetakan Pertama. Jakarta: Rineka Cipta
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Moh.Surya. 1992 .Psikologi Pendidikan. Cetakan Kelima. Bandung: IKIP Bandung.
Rusman. 2008. Manajemen Kurikulum. Bandung: Mulia Mandiri Perss.
Russefendi. 1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana,.Nana. 2004.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.
Winkel.W.S. 2010. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v5i2.7478
Refbacks
- There are currently no refbacks.