PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Mutmainah Mutmainah, Chusaery Rusdi Syarif, Yuyu Yuhana

Abstract


Latar belakang penelitian ini didasarkan atas permasalahan yang terjadi yaitu  rendahnya motivasi dan hasil belajar IPS di kelas IV SDN Cibeber II Kota Cilegon. Dari 30 siswa, hanya 9 siswa yang mampu mencapai KKM nilai 70. Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam melalui penggunaan media power point. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, sebagai bentuk penelitian kolaboratif dan reflektif.Metode Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan media power point , motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan materi kenampakan alam meningkat, yaitu  perbaikan kualitas pembelajaran diperoleh data pada siklus I 56,92%, siklus II 63,08%, siklus III 80%. Peningkatan motivasi belajar pada prasiklus 56,70, siklus I 62,52, siklus II 65,19 dan siklus III 74,34. Serta pada ketuntasan hasil belajar siswa pada prasiklus 56,00 dengan ketuntasan 30%, siklus I 68,00 dengan ketuntasan 47%, siklus II 75,33 dengan ketuntasan 67%, siklus III 83,33 dengan ketuntasan 93%. Dengan meningkatnya motivasi belajar siswa juga meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil adalah pembelajaran dengan penggunaan media power point dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, karena siswa dapat memahami dan menguasai materi penampakan alam. Dari hasil penelitian ini disarankan guru dalam pembelajaran IPS menggunakan media power point dalam proses pembelajaran. Dilakukan penilaian setiap aktivitas belajar yang dilakukan siswa untuk meningkatkan motivasi siswa, sedangkan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa di kelas guru harus memberi motivasi kepada seluruh siswa.

Kata kunci : power point, motivasi, hasil belajar IPS.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono.Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arif Febrian Asri. 2013. Penerapan Model Role Playing Berbantuan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Anak Pada Pembelajaran IPS. Tesis.Bengkulu : Unib

Arsyad Azhar. 2000. Media Pembelajaran. Jakarta : Gravindo Persada.

Asrori, M. 2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Aunurrahman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Basrowi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas Referensi Utama PTK untuk Guru serta Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan . Bogor: Ghalia Indonesia.

Dalimunthe, Usnita Ayunadya. 2007. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kemala Bhayangkari . Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan.

Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi.Bandung : Remaja Rosdakarya

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung : Satu Nusa

Fahmi Padli Asri. 2016. Penggunaan Media Power Point dan Motivasi Belajar Peserta

Didik Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Jeppee Kabupaten Barru. Jurnal Tesis. Sulsel


Refbacks

  • There are currently no refbacks.