PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEMANFAATKAN TIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Bahrudin Bahrudin, Sholeh Hidayat, Aan Hendrayana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1) cara mendesain pembelajaran model pembelajaran berbasis proyek untuk peningkatan kreativitas dan hasil belajar IPA, (2) cara menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk peningkatan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V, (3) cara mengevaluasi pembelajaran tberbasis proyek di kelas V, (4) peningkatan kreativitas setelah diterapkannya pembelajaran berbasis proyek, (5) Peningkatan hasil belajar IPA setelah diterapkannya pembelajaran berbasis proyek kelas V SDN Tegalwangi Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek, bertempat di SDN Tegalwangi Kota Cilegon. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan April 2018. Subyek penelitian terdiri dari peneliti dan penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan kreativitas siswa sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara obyeknya adalah siswa kelas V SDN Tegalwangi Kota Cilegon berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA pada tema lingkungan sahabat kita pada materi siklus air pada siswa kelas V SDN Tegalwangi Kota Cilegon

Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar IPA, Kreativitas

 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Multi Literasi. (D. Sumayah, Ed.) (1st ed.). Bandung: Refilka Aditama.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar KTSP. Tasikmalaya: Depdiknas.

E.P. Hutabarat. 1995. Cara Belajar Sebagai Pedoman Praktis Untuk Belajar Secara Efisien dan Efektif. Jakarta: BPK Gunung Agung.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. (R. Sikumambang, Ed.) (2nd ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.

Munandar, U. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia.

Munandar, U. 1995. Dasar-Dasar Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Depdikbud.

Munandar, U. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2005). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sa’ud, U. S. 2011. Pembelajaran Abad 21 (4th ed.). Bandung: Alfabeta.

Samsunuwiyati Mar’at. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sutopo, A. H. 2012. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Jogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. 2014. Model Pembelaja ran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.