IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATIONAND INTELLECTUALY (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan atas permasalahan yang terjadi yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA di kelas V SDN Kependilan Kota Cilegon.Dari 35 siswa, hanya 10 siswa yang mampu mencapai KKM nilai 70.Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi kegunaan tumbuhan hijau melalui penerapan model pembelajaran SAVI. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai bentuk penelitian kolaboratif dan reflektif.Metode PTK dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran SAVI, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan materi kegunaan tumbuhan hijau meningkat, yaitu dari 50.86 pada siklus I menjadi 66.14 pada siklus II, dan menjadi 75.57 pada siklus III. Ranah kognitif siswa juga mengalami peningkatan, yaitu dari 59.71 pada siklus I menjadi 65.43 pada siklus II, dan menjadi 75.71 pada siklus III. Ranah afektif siswa juga mengalami peningkatan, yaitu dari 56.00 pada siklus I menjadi 66.14 pada siklus II, dan menjadi 76.29 pada siklus III. Begitu juga pada ranah psikomotor siswapun mengalami peningkatan, yaitu dari 53.86 pada siklus I menjadi 63.14 pada siklus II, dan menjadi 75.86 pada siklus III.
Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran SAVI.
Full Text:
PDFReferences
Anitah, Sri W. dkk. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT.
Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Cipayung Ciputat: Gaury Persada.
Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Jufri, Wahab. 2017. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Nasution, N. 2004. Pendidikan IPA di SD. Jakarta: UT
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
-------. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v5i2.7482
Refbacks
- There are currently no refbacks.