ASESMEN KETERAMPILAN PENGASUHAN ORANGTUA UNTUK MEMBANTU PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan pengasuhan orangtua untuk membantu perkembangan sosial anak usia dini 4-5 tahun. Metode penelitian ini adalah kualitatif naturalistik. Temuan-temuan penellitian ini adalah: (1) asesmen diperlukan untuk membantu orangtua mengetahui dan melakukan intervensi kemajuan perkembangan anak usia dini 4-5 tahun. Keterampilan pengasuhan yang sudah optimal pada kriteria Konsisten, tetapi 1 intrumen membangun rasa percaya diri anak masih Cukup sehingga sangat berdampak pada. perkembangan sosial anak pada kriteria Cukup. Jadi percaya diri menjadi variable yang sangat penting pada perkembangan anak; (2) solusi hasil asesmen bahwa orangtua harus mampu menciptakan suasana dan variasi kegiatan yang dapat menstimulasi perkembangan sosial anak usia dini 4-5 tahun. Berdasarkan temuan-temuan penelitian sebaiknya orangtua menciptakan permainan atau aktivitas untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak usia dini yaitu permainan harus bertolok pada tema misalnya tema binatang dengan jenis permainan: (1) picture and picture, (2) stik emosi binatang, (3) bermain warna-warna binatang dengan bernyanyi, (4) bunyi berantai, (5) bermain harta karun, (6) bermain tangkap-tangkap, (7) bermain gambar bertanya, (8) bermain binatang abjad, (9) bermain dokter hewan, dan (10) petugas pembersih kandang binatang.

 

Kata kunci: asesmen, keterampilan pengasuhan orangtua, perkembangan sosial, anak usia 4-5 tahun.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandura, Albert. (1986). Social Foundations Thought And Action A Social Cognitive And Theory Practice. New Jersey: Hall Inc.

Bogdan, R.C. dan Biklen, S.K. (1982). Qualitative Research For Education: An Introduction To Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Brook S,G.F., J.S.Butel, dan S.A.Morse. (2005). Medical Microbiology. New York: Mc.Graw Hill.

Cartledge, C dan Milburm, J.F. (1995). Teaching Social Skills To Children And Youth Innovative Approach Third Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Hendrick, Joanne. (2009). The Whole Child: Developmental Education For The Early Years. Sixth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Hoghughi, M.S., dan Long N. (2004). Handbook of Parenting: Theory and Research for Practice. India: Sage Publications.

Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2009). Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Shaffer, David R. (2005). Social and Personality Development. USA: Thompson.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Vygotsky, L.S. (1978). Mind Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, Massachusetts: Harvard University Press.

Wortham, Sue C. (2005). Assessment In Early Childhood Education. Pearson: Ohio USA.

Bronfenbrenner, Urio. (1994). Ecological Models of Human Development: In International Encyclopedia of Education. Volume 3, Second Edition. Oxford: Elsevier. Reprinted in Gauvain, M and Cole M (Eds). Reading on The Development of Children. Second Edition. New York: Freeman.

Hurlock,E.B. 2002. Psikologi Perkembangan, Fifth Edition. Terjemahan Istiwidayanti dan Soejarwo. Jakarta: Erlangga.

Miles, Mattew B dan A. Michael Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v4i1.7665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.