PENGEMBANGAN MODEL BELAJAR BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini mengenai pengambangan model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran IPA kelas 6 di SDN Serang 2 Kota Serang, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Metode Pengembangan Model Belajar Blended Learning pada mata pelajaran IPA siswa Kelas 6 di SDN Serang 2 Kota Serang menggunakan model ADDIE dengan merancang tahapan yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengembangan dilakukan melalui tahap persiapan, pengembangan produk pembelajan IPA kelas 6 yang digunakan di google aplication dan evaluasi dengan uji coba produk kepada siswa. Produk penelitian ini berupa pembuatan web sdnserang2.sch.id yang digabungkan dengan google aplikasi. Dalam web tersebut ditambahkan menu kelas maya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajar. Produk di validasi oleh ahli media dan ahli materi. Sebelum pengujian produk siswa diberi quisoner untuk mengetahui kebutuhan siswa tentang pembelajaran blended learning. Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan maka dapat dihasilkan sebuah website media pembelajaran menggunakan google app yang teruji validitasnya berdasarkan ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Secara umum website sdnserang2.sch.id dengan kelas maya ini tidak perlu direvisi dan berhasil diterapkan di SDN Serang 2.
Kata kunci: Pembelajaran IPA, Blended learning dan model ADDIE
Full Text:
PDFReferences
Dewi Salma Prawiradilaga, Wawasan Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012
Harjali, Teknologi Pendidikan, Jakarta:PT Rineka Cipta, 2000
Warsita Bambang, Teknologi Pembelajaran dan Landasan Aplikasinya, Jakarta:Rieneka Cipta, 2008
Muhardi, Kawasan Teknologi Pendidikan, dalam http://www.muhardi.com/kawasan-teknologi-pendidikan/ diakses 9:00WIB/24/03/2016
Soekartawi, E-Learning di Indonesia dan Prospeknya di Masa Mendatang, Makalah pada seminar nasional ‘E-Learning Perlu E-Library’ di Universitas Kristen Petra, Surabaya, 2003
Afandi, Muhammad dan Badarudin. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2011
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2011
Afandi, Muhammad dan Badarudin. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2011
I Made Teguh,Dr , Model Penelitian Pengembangan, Yogyakarta, Graha Ilmu, 2014
Abdullah Aly dan Eny Rahma. Ilmu Alamiah Dasar. PT Bumi Aksara: Jakarta, 2009
Abdullah, Pendidikan Sains Yang Humanistis. Surabaya: Kanisius, 1998
Hisyam Zaini. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Institut Agama Islam Negeri Yogyakarta, 2004
Iskandar, Pendidikan Ilmu Pengetahuan alam, IKIP Malang, 2001
Hamalik, Oemar. Motivasi Belajar. Bandung: Rajawali Pers, 2008
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Raja Grafindo Persada (Rajawali Perss), Jakarta, 2012
Chaeruman, Uwes A. 5 Kunci Meramu Blended Learning secara Efektif. http://www.teknologipendidikan.net/?p=499 diakses tanggal 24/02/2016 pukul 13:10 WIB
Surya Dharma, MPA., Ph.D, Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan : Jakarta, 2008
A Robbert Raiser & John Depsey, Trend and Issue in Instructional Design and Technology, newjersey : Pearson Education. Inc, 2001 h.19
Robert Maribe Branch: Intructional Design The Addie Aproach. http://www.zultigaltp.com (diakses pada 30 Februari 2016)
Nasution, Metode Rearch, Bumi Aksara, Jakarta, 2014
Ary Donald, introduction to research, terj Ali Furqon, Usaha Nasional, Surabaya : 2002
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2012.
Refbacks
- There are currently no refbacks.