PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ade Putra Primadani, Asnawi Syarbini, Chusaery Rusdi Syarif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan minat belajar terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VII MTs Daar el Qolam Gintung Tangerang Banten. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa yang berada di kelas VII MTs Daar el Qolam Tangerang dan sampel yang digunakan berjumlah 60 orang. . Metode penelitian menggunakan rancangan eksperimen dengan melakukan perlakuan terhadap kelompok siswa (treatment) menggunakan  strategi pembelajaran berbasis masalah, sedangkan untuk kelas kontrol  menggunakan model pembelajaran ekspositori. Teknik pengumpulan data untuk memperoleh kelompok siswa yang memiliki minat tinggi dan minat rendah dengan cara memberikan angket  dengan menggunakan skala likerst, sedangkan untuk memperoleh data hasil belajar mengunakan tes prestasi atau tes akhir.Teknik analisis data dilakukan dengan analisisvarians (Anova)dua arah dengan taraf signifikansi = 0,05 atau5%. hipotesis  pertama  terdapat perbedaan hasil belajar fiqih antara penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VII MTs Daar el Qolam dinyatakan dengan hasil uji tukey Qh 14,33 ≥ Qt 3,85. Hipotesis kedua terdapat perbedaan hasil belajar fiqih antara siswa yang berminat tinggi dengan siswa yang berminat rendah pada siswa kelas VII MTs Daar el Qolam dengan hasil uji tukey Qh 6,14 ≥ Qt 3,85. Hipotesis ketiga terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar fiqih kelas VII MTs Daar el Qolam secara statistik interaksi digambarkan F hitung = 8,19 ≥ Ftabel  = 3,85. Hipotesis keempat terdapat perbedaan hasil belajar fiqih antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori pada siswa yang berminat tinggi , secara statistik pengaruh tersebut dapat dinyatakan dengan hasil uji tukey adalah Qh = 9,39 > Qt = 2,98. Hipotesis kelima terdapat perbedaan hasil belajar fiqih antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori pada siswa yang berminat rendah dengan hasil uji tukey adalah Qh = 3,72 > Qt = 2,89

 

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM),Minat Belajar, dan Hasil  Belajar


Full Text:

PDF

References


Agus, T. 2012. Evauasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamid, Abdul. 2015. Fiqh Ibadah. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. 2014. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Maula, Aizul. 2014. Fiqih. Bekasi: Uranus Publishing.

Purwanto. 2013. Evauasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rasjid, Sulaiman. 2013. Fiqih Islam. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusmono.2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learnig itu perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sabiq, Sayyid. 2013. Fikih Sunnah. Jakarta: Cakrawala Publishing.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Setiani, Ani. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Syahid, Jubair Tablig.2013. 101 Kesalahan Dalam Shalat. Klaten: Abata Press.

Wibisono, Dermawan. 2013. Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Taniredja, P. D. 2012. Penelitian Kuantitatif ( sebuah pengantar ). Bandung: ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.