UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA

M Falah, Suherman Suherman, Luluk Asmawati

Abstract


Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, model pembelajaran, media alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan (inovasi). Dengan adanya inovasi tersebut di atas dituntut seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam menentukan model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan kecakapan hidup (life skill) siswa yang berpijak pada lingkungan sekitarnya. Subjek penelitian adalah model pembelajaran kolaboratif dan objek penelitiannya adalah aktivitas dan hasil belajar.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMPN 1 Carenang, menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah 30 siswa. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pedoman observasi dan hasil belajar menggunakan test. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan menerapkan pembelajaran Kolaboratif dan kecerdasan intrapersonal dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk kegiatan belajar siswa perbandingan dari siklus I yaitu 39,96 dengan kategori kurang, siklus II 64,46 dengan kategori baik dan siklus III 78,04 dengan kategori baik. Sedangkan untuk hasil belajar perbandingan antara siklus I dengan rata-rata 37,33; siklus II dengan rata-rata 65,67; dan siklus III dengan rata-rata 72,33. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, tahapan pembelajaran kolaboratif yang diterapkan telah berhasil meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal ini dikarenakan, seluruh tahapan kegiatan pembelajaran sangat menekankan pada keterlibatan siswa dari awal sampai akhir pembelajaran. Disamping itu, guru memposisikan diri sebagai fasilitator  dan pendamping yang baik bagi aktifitas belajar siswa. Semoga Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi guru dan siswa dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn pada khususnya dan umumnya dalam meningkatkan mutu pendidikan.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Kolaboratif, Kecerdasan Intrapersonal, Hasil Belajar, PKn.


Full Text:

PDF

References


Alder, Harry Boost. 2001. Your Intelligence: Pacu EQ dan IQ Anda. Terj. Christina Prianingsih. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Armstrong, Thomas. 2013. Identifying And Developing Your Multiple Intelligences (Menemukan Dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligences, Terj. T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Asrori. M 2003. Jurnal Collaborative Teamwork Learning. Tahun Ke-9, No.040: 112.

Barkley, E Elizabeth. 2014. Collaborative Learning Techniques. Jossey-Bass. A Wiley Imprint.

Bronson, M.S, dkk 1998. Belajar Civic Education dari Amerika. Yogyakarta: Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKIS) dan The Asian Foundation (TAF).

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Campbell, Linda. et al. 2004. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Intuisi Press.

Cogan, J.J. 1998. Citizenship for The 21 Century: An International Perspective on Education. London: Cogan Page.

Gardner, Howard . 2013. Multiple Intelligences: Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktek. Batam : Interaksara.

Gunawan. Adi W. 2011. Collaborative learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

______. 2012. Genius Learning Strategi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hill,Susan & Tim.1996. The Collaborative Classroom, A guide to co-operative learning. Armadale: Eleanor Curtain Publishing.

Hopkins. David. 2011. Penelitian Tindakan Kelas, A Teacher’s Guide To Classroom Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irham, Muhamad dan Novan Ardy Wiyani. 2013.Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar – Ruzz Media.

Lwin, May. et al. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta: Indeks

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Rasyid, Harun dan Mansur. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

Sudjana, Nana. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D .Bandung: Alfabeta.

Suharno. 1997. Belajar dan Pembalajaran. Surakarta: UNS Press.

Sumantri, Nu’man. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan PKn. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Pascasarjana, 2014. Buku Pedoman Penulisan Tesis. Serang: Untirta.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Winataputra, Udin S. dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wuryan, Sri dan Syaifullah. 2009. Ilmu Kewarganegaraan (Civics), Labaratorium PKn FPIPS UPI: Bandung

( Tesis )

Iluk Faiqotul Himmah. 2011. Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Taman. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Aryadi. 2008. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Jenis Kelamin siswa . Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Asmanah.2012. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang penggunaan Media CD Interaktif dan Kecerdasan Interpersonal Siswa dengan Hasil Belajar Pada mata Pelajaran IPS Kelas VII SMPN 1 Sukamulya Kabupaten Tangerang: UNIS Tangerang.

Muhammad Hayatul Maki. 2012. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal, Media Pembelajaran Microsoft Mathematic Dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Sebelas Maret surakarta.

( Online )

Skinner. 1958. http://www.masbow.com/2009/07/pendapat-para-ahli-psikologi-dalam.html .

Wowo Sunaryo, Yayat, Sriyono. 2007. Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Gaya. Tersedia dalam http://wowoks.com/artikel/kurpem-model


Refbacks

  • There are currently no refbacks.