PEMANFAATAN MEDIA SLIDESHOW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN KOSAKATA DAN KOMUNIKASI PADA SISWA SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media slideshow ; (2) mengetahui kemampuan penggunaan kosakata pada siswa; (3) mengetahui kemampuan berkomunikasi pada siswa; dan (4) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penggunaan kosakata sebelum menggunakan media slideshow dan sesudah menggunakan media slideshow dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Kota Baru Kecamatan Serang sebanyak 25 orang, pada bulan April-Mei 2017. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan dengan penelitian tindakan kelas model John Elliot. Analisis data dengan kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian menunjukkan; (1) aktivitas belajar siswa pada siklus 2 memperoleh 71% dan siklus 3 memperoleh 77,3%. (2) hasil belajar kosakata siswa pada siklus 2 memperoleh nilai rata-rata 74,4 dan siklus 3 memperoleh nilai rata-rata 84. (3) kemampuan berkomunikasi siswa pada siklus 2 memperoleh 75,3%, dan siklus 3 memperoleh 81,7%. (4) penggunaan kosa kata pada siswa sebelum penelitian 64 dan sesudah penelitian 84. Hasil penelitian disimpulkan; (1) penggunaan media slideshow dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. (2) penggunaan media slideshow dapat meningkatkan hasil belajar kosakata siswa.(3) penggunaan media slideshow dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan berkomunikasi siswa. (4) terdapat peningkatan hasil belajar kosakata siswa sebelum dilakukan penelitian dan sesudah penelitian.
Kata Kunci : slideshow, kosakata, berkomunikasi, hasil belajar bahasa Indonesia.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arsyad.2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arwindira Wandanu Putra. 2014. Penerapan Media Pembelajaran Video Slideshow Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 Semester II SMAN 1 Kalasan 2013/2014. Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Changara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.
Nasution. 2012. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmat, Jalaludin. 2014. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Roudhonah. 2007. Ilmu Komunikasi. Cet. 1. Jakarta: Kerjasama Lembaga Penelitian UIN Jakarta dan Jakarta Press.
Sudjana.2006. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Uchjana, Onong. 2015. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v4i2.7675
Refbacks
- There are currently no refbacks.