PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR

Islami Islamia, Sholeh Hidayat, Syadeli Hanafi

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran  berbasis lingkungan berbantuan praktikum pada mata pelajaran IPA. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Benoa Kabupaten Serang yang berjumlah 67 orang. Objek penelitian adalah kreativitas, hasil belajar IPA, aktivitas siswa dan guru, serta respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran berbasis lingkungan dengan bantuan praktikum. Data yang diperoleh dari penelitian tindakan ini adalah : (a) data kuantitatif tentang kreativitas,hasil belajar,aktivitas siswa dan guru serta respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis lingkungan ; dan (b) hasil karya nyata siswa berupa produk. pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman observasi kreativitas dan proses pembelajaran, tes hasil belajar, dan angket. Angket digunakan untuk mengungkap respon siswa terhadap penggunaan pembelajaran berbasis lingkungan. Kreativitas, hasil belajar, dan respon siswa dianalisis secara deskriptif melalui observasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis lingkungan dapat meningkatkan kreativitas siswa pada siklus I  rata-rata sebesar 2,42 lalu pada siklus kedua sebesar 2,92 serta pada siklus ketiga sebesar 3,45.Hasil belajar siswa mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) juga mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 73,60% , sebanyak 85% siswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan model pembelajaran berbasis lingkungan.

 

Kata Kunci : pembelajaran berbasis lingkungan, kreativitas, hasil belajar IPA


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu., Supatmo. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Edisi disempurnakan. Jakarta : Rineka Cipta.

Amri,Sofan dan Ahmadi iif Khoiru. 2010. Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam kelas. Jakarta: Prestasi Pusaka

Anderson dan Krathwohl. 2001. Taxonomy For Learning and Assesing : A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York. AddisonWesley Longman Inc

Anita, Sri .dkk.2011. Strategi Pembelajaran di SD. Cetakan kesebelas. Jakarta : Universitas Terbuka

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono., Supardi. 2005. Penelitian Tindakan Kelas.Cetakan kesebelas. Jakarta: Bumi Aksara

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pelayanan Professional Kurikulum 2004, Model dan Pengembangan Silabus. Jakarta :Pusat Kurikulum, balitbang Depdiknas Creative Production

Kuswana, Wowo Sunaryo . 2012 . Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berfikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munadi .2008 . Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persana Press.

Munandar, Utami .2002 . Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Panggabean, Luhut P. 1996. Penelitian Pendidikan. Bandung : Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam Univertsitas Pendidikan Indonesia

Purwanto.2011. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Rachmawati.2011. Pengelolaan Lingkungan Belajar Jakarta: Kencana

Sanjaya,Wina.2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan kedelapan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v4i2.7676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.