PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SAINS SISWA KELAS SEKOLAH DASAR

Kartika Nursova, Sholeh Hidayat, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran eksperimen dan efikasi diri terhadap keterampilan proses sains siswa Kelas V SDN Cikuya II Kecamatan Solear pada pembelajaran IPA konsep gaya magnet. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain factorial 2x2.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan KPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode eksperimen dengan metode ceramah, p-value = 0,000 < 0,050; 2) terdapat perbedaan KPS antara siswa yang berefikasi diri tinggi dengan berefikasi diri rendah, p-value 0,014 < 0,050; 3) terdapat pengaruh interaksi penerapan metode pembelajaran eksperimen dengan tingkat efikasi diri terhadap KPS siswa, p-value = 0,014 < 0,050; 4) terdapat perbedaan KPS antara siswa yang berefikasi diri tinggi yang mengikuti pembelajaran metode eksperimen dengan metode ceramah, Qhit(9,73) > Qtab(2,78); 5) terdapat perbedaan KPS antara siswa yang berefikasi diri rendah yang mengikuti pembelajaran eksperimen dengan metode ceramah, Qhit(3,43) > Qtab(2,78); 6) terdapat perbedaan KPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode eksperimen yang berefikasi diri tinggi dengan yang berefikasi diri rendah, Qhit(6,50) > Qtab(2,78); dan 7) tidak terdapat perbedaan KPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode ceramah yang berefikasi diri tinggi dengan yang berefikasi diri rendah, Qhit(0,200) < Qtab(2,78).

 

Kata kunci :   metode pembelajaran eksperimen, efikasi diri, keterampilan proses sains (KPS)


Full Text:

PDF

References


Alwi Hasan. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ke-Tiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Alwisol.(2014). Psikologi Kepribadian.Malang: UMM Press

Ghufron, M., N., & Ris nawita, R. (2016).Teori-Teori Psikologi.Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Rustaman, dkk.(2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi.Bandung: UPI Press.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta : Kencana

Trianto.(2010). Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta : Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v4i2.7678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.