PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENULIS BAHASA INGGRIS

Dede Samsul Hadi, Sholeh Hidayat, Nurmayulis Nurmayulis

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis Bahasa Inggris kelas X yang dilaksanakan di SMKN 10 Pandeglang, dengan jumlah peserta didik kelas X Akuntasi 1 26 peserta didik pada tahun pelajaran 2015-2016 dengan topik pembelajaran adalah The word is round  dengan sub tema : teks deskriptif dan pengorganisasian struktur teks dan kalimat dalam teks. Metodologi penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis Mc. Taggart dalam bentuk spirat artinya dari siklus I ke siklus selanjutnya. Setiap siklus diliputi dengan rencana (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan reflelsi (reflection). Berdasarkan temuan dan pembahasan yaitu penerapan media video film bahasa untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis peserta didik, yang ditandai dengan peningkatan ketuntasa belajar peserta didik dalam setiap siklus. Siklus I dalam keterampilan Berbicara (speaking) 92,31%, keterampilan Menulis (writing) 80,77%. Siklus II keterampilan Berbicara (speaking) 96,15%, keterampilan Menulis (writing) 92, 31%. Dan siklus III keterampilan Berbicara (speaking) 96,15%, keterampilan Menulis (writing) 100% tuntas dalam pembelajaran menulis pada siklus III.  Dalam peneram video pembelajaran mendapatkan respon atau pengaruh positif ditunjukan dengan nilai rata-rata peserta didik bahwa peserta didik tertarik dan menerima penerapan video film dalam pembelajaran sehingga peserta didik termotivasi. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Penggunaan media video film bahasa meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas X SMKN 10 Pandeglang, 2) Dengan menerapkan media video film pada keterampilan berbicara dan menulis Bahasa Inggris peserta didik kelas X SMKN 10 Pandeglang, 3) Perubahan keterampilan berbicara dan menulis Bahasa Inggris dalam menerapkan media video film pada peserta didik kelas X SMKN 10 Pandeglang, 4) Terdapat peningkatan keterampilan berbicara dan menulis peserta didik dengan menerapkan media video film pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas X SMKN 10 Pandeglang.

 

Kata Kunci: Media video Film bahasa dan keterampilan berbicara dan menulis.


Full Text:

PDF

References


Ariani Niken, Haryanto Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Brandvik, Mary lou, dan McKnight, Katherine s. 2013. Buku Panduan Guru Bahasa Inggris. Edisi Kedua. Jakarta: PT Indeks.

Brown H. Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa (Terjemahan), Edisi Kelima. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta.

Dalman H. 2014. Keterampilan Menulis. Depok:Rajagrafindo Persada.

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Perss.

Guntur Tarigan Henry. 2008. (A) Menulis, Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

-----------------------. 2008. (B) Membaca, Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

-----------------------. 2013. (C) Berbicara, Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Harmer Jeremy. 2001. The Practice of English Language Teaching; Third Edition. New York: Longman

Iriantara, Yosal. 2014. Komunikasi Pembelajaran; Interaksi Komunikatif dan Edukatif di Dalam Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Iskandarwassid, Sunendra Dadang. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiantoro Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa; Berbasisi Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Rusman, Kurniawan Deni, Riyan Cepi. 2011. Pembelajaran Berbasisi Teknologi Informasi dan Komunikasi; Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sadiman, S. Arief, Rahardji S, Haryono Anugrah, Rahardjito. 2010. Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Suryono, Hariyanto. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Panduan Lengkap, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reaserch). Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Kustansi Cecep, Sutjipto Bambang. 2013. Media Pembelajaran.Bogor: Ghalia Indonesia.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran; Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.