PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT EXCEL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR

Neneng Rachmawati, Sholeh Hidayat, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar peserta didik antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan media Microsoft Excel dan media pencatatan akuntansi manual, (2) perbedaan hasil belajar peserta didik antara peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah, (3) pengaruh interaksi antara peserta didik yang menggunakan media Microsoft Excel dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik, (4) perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan Microsoft Excel dan media pencatatan akuntansi manual peserta didik yang memiliki kemandirian tinggi, (5) perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media Microsoft Excel dan media pencatatan akuntansi manual pada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah, (6) perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media Microsoft Excel pada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan kemandirian belajar rendah. 7. Perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media pencatatan akuntasi manual pada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan kemandirian belajar rendah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain factorial 2x2. Jumlah sampel dari penelitian ini berjumlah 80 peserta didik yang diambil dari kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Rangkasbitung.Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini pada bulan April 2017. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan media micsrosoft excel dan media pencatatan akuntansi manual. (2)  terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah. (3) terdapat pengaruh interaksi antara peserta didik yang menggunakan media microsoft excel dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik. (4) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan microsoft excel dan media pencatatan akuntansi manual peserta didik yang memiliki kemandirian tinggi. (5) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media micsrosoft excel dan media pencatatan akuntansi manual pada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah. (6) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media microsoft excel pada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan kemandirian belajar rendah. (7) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media pencatatan akuntasi manual pada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan kemandirian belajar rendah.

 

Kata kunci : micsrosoft excel, kemandirian belajar, akuntansi


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hamalik,Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mudjiman, Haris. 2007. Belajar Mndiri. Surakarta. UNS PRESS

Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Sardiman, Arief S. 2011. Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta

Tirtarahardja, Umar dan S.L La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta

Jurnal dan Artikel :

Aini, Pratistya Nor dan Abdullah Taman. 2012. “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Peserta didik terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Peserta didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1): 48-65.

Nita Aprilia Riski dan Nurmala Ahmar.The Writing, Observing, and Getting Approach dalam Menciakan Keunggulan Kompetitif Praktik Akuntansi Berbasis Excel for Accounting.Jurnal Riset Akuntansi dan Perpajakan JRAP Vol.2, No2 Desember 2015, hal 181-192 (diakses tanggel 15 Maret 2017)

Yani,Ahmad. Aplikasi Akuntansi Menggunakan Microsoft Excel. MateriKuliah.com. (diakses tanggal 2 Februari 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.