PENGEMBANGAN MULTIMEDIA EBOOK PADA MATERI NARRATIVE TEXT UNTUK SISWA SMA

Rini Setyaningsih, Suherman Suherman, Masrupi Masrupi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan media pembelajaran bahasa Inggris yang layak, efektif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik sehingga mengakibatkan hasil belajar kognitif peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-book multimedia pada materi narrative text mata pelajaran bahasa Inggris untuk peserta didik SMA yang layak dan efektif. Metode penelitian ini adalah R and D (Research and Development) dengan mengacu pada model Borg dan Gall yang disederhanakan. Hasil Kelayakan e-book multimedia berdasarkan pada 3 aspek, antara lain: 1) Kelayakan materi yang divalidasi oleh 2 orang ahli materi yaitu dosen pascasarjana jurusan bahasa Inggris dengan perolehan persentase rerata 85.92% dikategorikan sangat layak, 2) Kelayakan desain media melalui validasi ahli desain media yang dilakukan oleh 2 orang dosen pascasarjana jurusan Teknologi Pembelajaran memperoleh kategori layak dengan persentase rerata 79.46%, dan 3) Kelayakan yang ditinjau dari pengguna produk yaitu peserta didik dan guru bahasa Inggris melalui uji coba pada kelompok kecil yang melibatkan 10 peserta didik dan 1 guru bahasa Inggris memperoleh persentase rerata 85.45% dikategorikan sangat layak, dan hasil uji coba pada kelompok besar yang melibatkan 50 peserta didik dari 5 sekolah yang berbeda memperoleh persentase rerata 88.79% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba pada kelompok besar oleh 13 guru bahasa Inggris yang tergabung dalam forum MGMP bahasa Inggris diperoleh persentase rerata 86.98% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kemanfaatan ditinjau dari motivasi belajar peserta didik yang diperoleh dari 50 peserta didik pada uji coba kelompok besar yang mengisi angket setelah menggunakan e-book multimedia yaitu 84.4% dengan kategori sangat baik. Hasil uji keefektifan produk ditinjau dari meningkatnya hasil belajar kognitif peserta didik melalui uji t diperoleh nilai signifikansi 0.000 (0.000<0.05) sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kognitif peserta didik pada materi narrative text sebelum dan sesudah menggunakan e-book multimedia dengan perbedaan skor antara skor pretest dan posttest adalah -31.375 dimana rerata skor pretest 53.75 dan rerata skor posttest 85.13. Maka dapat disimpulkan bahwa produk e-book multimedia pada materi narrative text yang dihasilkan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris.

 

Kata kunci: Penelitian dan pengembangan, e-book multimedia, layak dan efektif


Full Text:

PDF

References


Borg, W.R & D. Gall. 1989 Educational Research an Introduction. New York: Longman, Inc.

Fui-Theng. 2014. Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education In Malaysian University. The Turkish Online Journal Of Educational Technology, volume: 13, April.

Eka, Putri. 2013. Efektifitas Penerapan e-book Sebagai Sumber Belajar Mandiri dalam Pembelajaran Biologi. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. Tersedia online di: http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata.index

Lai, H. & Li, M. 2013. A study of university student behaviors in using eBooks in Hongkong. Knowledge Management & E-Learning, volume 5, No.4, 455-467

Masrupi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Serang: Untirta Press

Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranada Media Group

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press

Muslich, Masnur. 2010. Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Reitz, J. M 2010. ODLIS: Online Dictionary for Library and Information science. Tersedia Online di: http://lu.com/odlis

Riduwan, M.B.A. 2013. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Seels, Barbara B. Richey, Rita C. 1994. Instructional Technology: The Definition and Domain of the Field. Washington, DC: AECT.

Thongchai, Kaewkiriya. 2013. A Design and Development of e- learning Content for Multimedia Technology Using Multimedia Game. International Journal of Software Engineering & Applications (IJSEA), Vol.4, No.6, November.

Zakaria, et all. 2016. Student’s Experience of Using Story Bird in Writing ESL Narrative Text. Scientific Research Publishing. Vol. 7, pp 2107-2120. Tersedia Online di: http://www.scirp.org/journal/ce


Refbacks

  • There are currently no refbacks.