PENELITIAN STUDI KELAYAKAN PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

Luluk Asmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh profil pengembangan profesionalitas guru PAUD di propinsi Banten, (2) memperoleh profil aspirasi guru PAUD dan kepala PAUD secara tertulis untuk melanjutkan ke jenjang S2 PAUD Untirta, (3) mengetahui peminatan pendalaman keilmuan S2 PAUD yang diminati oleh guru PAUD dalam mengikuti pengembangan professional. Subjek penelitian ini adalah guru dan kepala PAUD di provinsi Banten. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Temuan-temuan hasil penelitian yaitu: (1) memperhatikan responden dalam merencanakan pendidikan ke program S2 PAUD dan  mereka mendaftar di Untirta jika Untirta membuka S2 PAUD. Mayoritas responden berkeinginan untuk mendaftar pada tahun 2019/2020 maka direkomendasikan agar Untirta segera membuka program S2 PAUD, (2) sesuai kompetensi lulusan S2 PAUD yang dibutuhkan responden adalah kurikulum S2 Untirta harus mencakup perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan LPAUD melalui pemanfaatan teknologi, informasi, dan komunikasi. Kesimpulannya meliputi: (1) kompetensi lulusan S2 PAUD yang dibutuhkan oleh masyarakat yaitu memiliki wawasan, pengetahuan, penelitian, dan pengembangan kurikulum di bidang PAUD, (2) 98% dari responden adalah perempuan dan 2 % responden adalah laki-laki, (3) ada 23 responden akan mendaftar pada tahun ini, (4) bidang yang diminati untuk pengembangan profesionalitas guru PAUD yaitu perkuliahan dan penelitian, (5) pendapat guru dan kepala PAUD untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 PAUD Untirta yaitu sangat mendukung, tetapi mereka memiliki keterbatasan waktu, jarak, dan biaya. Hal ini karena mereka 65% guru swasta sehingga memerlukan kebijakan khusus dalam termin pembayaran SPP.

 

Kata kunci: studi kelayakan. magister PAUD Untirta.


Full Text:

PDF

References


Beaty, Janice J., 1994. Skills for Preschool Teacher: Personal Capacities of Early Childhood Professional. New Jersey: Merril dan Imprint Prentice Hall.

Brewer, Jo Ann. 2007. Introduction to Eraly Childhood Education: Preschool Through Primary Grades. New York: Pearson Education, Inc.,

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. PP RI No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Driscoll, Amy dan Nagel, Nancy G. 2005. Early Childhood Education Birth To Eight. New Jersey: Pearson Education, Inc.,

Edgington, Margaret. 2004. The Foundations Stage Teacher in Action Teaching 3, 4, and 5 Years Olds. London: Paul Chapman Publishing.

Kostelnik, Marjorie J., et all. 2007. Developmentally Appropriate Curriculum Best Practices in Eraly Childhood Education. New Jersey: Pearson Education, Inc.

M.A. Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi dalam Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mattew B Miles dan A Michael Huberman. 1984. Qualitative Data Analysis. London: sage Publication

Moleong, J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Mulyasa. E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Usman, Moh Uzer. 2015. Menjadi Guru Profesional. Cetakan ke-25. Bandung: Ramaja Rosdakary

UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.