KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PEMANFAATAN COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF DAN MINAT BELAJAR ANAK TK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Untuk memperoleh informasi yang jelas, mendalam, dan komprehensif tentang Kemampuan membaca permulaan di kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Serang dengan memanfaatkan Compact Disc (CD) Interaktif bagi anak TK kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Serang, (2)Untuk memperoleh informasi yang jelas, mendalam, dan komprehensif tentang Pemanfaaatan Compact Disc (CD) Interaktif pada pengembangan bahasa di kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Serang, (3)Untuk memperoleh informasi dan hasil yang jelas dan mendalam tentang minat belajar anak TK kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Serang dengan menggunakan Compact Disc (CD) Interaktif bagi anak TK kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriftif dan natural yang menggunakan beberapa data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yang akan dilakukan yaitu di kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Serang. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan Compact Disk (CD) Interaktif terhadap anak Tk Kelompok B sangat tepat karena aplikasinya dapat menarik perhatian siswa sehingga anak lebih tertarik dan mudah dalam menangkap materi pembelajaran, (2) Dalam pemanfaatannya Compact Disk (CD) Interaktif dapat memberi pilihan baru dalam media pembelajaran sehingga anak-anak tidak merasa jenuh dan bosan dibandingkan dengan media kartu kata dan majalah, (1) Dengan belajar menggunakan multi media yang interaktif, peserta didik dapat belajar teknologi komputer meskipun hanya dasar tetapi dapat memberi pengalaman yang sangat berharga buat anak-anak terutama Anak Usia Dini. Dengan pengalaman ini diharapkan peserta didik lebih termotivasi lagi minat belajarnya sehingga teknologi bukan hanya digunakan untuk bermain game saja tetapi harus menjadi media pembelajaran yang membantu mempermudah dalam belajar. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Compact Disc (CD) Interaktif dapat meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak TK KElompok B TK Pertiwi Serang.
Kata kunci : Compact Disc (CD) Interaktif, Minat Belajar, Membaca Permulaan
Full Text:
PDFReferences
Ahuja Pramila & G.C Ahuja, 2010, membaca secara efektif dan efisien, PT Kiblat Buku Utama, Bandung,
Ariani, Niken. 2010. Pembelajaran MultiMedia di sekolah. Cetakan Pertama. Jakarta. Prestasi Pustaka Karya
Djamarah, Syaiful Bahri.2011, Psikologi Belajar. Jakarta:Rieneka Cipta
Kustandi, C. & Sutjipto,B.2011. Media Pembelajaran: Manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Susanto, ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: CV Alfabeta
Ramli. 2012. Pengaruh Budaya Sekolah, Kinerja Guru dan Motivasi Belajar terhadap Kompetensi Produktif Siswa SMK Sumatera Barat. Padang: Disertasi
Moleong, Lexy, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rekda Karya: Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v3i1.7705
Refbacks
- There are currently no refbacks.