PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN TREASURE HUNT DAN KREATIVITAS MEMBUAT CATATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Desain penelitian adalah penelitian eksperimen yaitu desain faktorial 2x2. Waktu penelitian Oktober-Desember 2013. Perhitungan data dilakukan uji ANAVA dua jalur dengan program Statistika Komputer SPSS 19 for Windows. Hasil perhitungan H1 diterima jika sig>0,05yaitu derajat kepercayaan 5%). Hasil analisis untuk perbedaan hasil belajar menggunakan metode permainan treasure hunt dan kerja kelompok, signifikansi 0,576 > 0,05. Sehingga H1 diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa dengan treasure hunt dan kerja kelompok. Hasil analisis untuk kreativitas, signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H1 ditolak, maka keputusanyang diambil adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan (sama) antara hasil belajar pada siswa yang memiliki kreativitas membuat catatan tingi dan rendah. Sedangkan pengujian ada tidaknya interaksi antara metode dan kreativitas,menunjukkan bahwa signifikansi 0,976 > 0,05. H1 diterima yaitu terdapat pengaruh interaksi antara metode dan kreativitas membuat catatan terhadap hasil belajar Dari hasil penelitian tergambar bahwa penggunaan metode permainan treasure hunt dapat membantu siswa memperoleh hasil belajar.
Kata kunci: Treasure hunt, kreativitas, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Beetlestone, Florence. 2011. Creative Learning. Bandung: Nusa Media.
Craft, Anna. 2004. Me Refresh Imajinasi dan Kreativitas Anak-anak. 2004. Depok: Cerdas Pustaka
Dabell , John. 2009. Aktivitas Permainan dan Ide Praktis Belajar Matematika. Jakarta: Erlangga
DBE2 USAID, 2009. Modul Reading Program, Jakarta:USAID
De Potter, Bobbi. 2011. Quatum Learning. Bandung : Kaifa
De Potter, Bobbi, 2011. Quantaum Teaching. Bandung: Kaifa
Douglas, Brown, 2007. Principles of Language Learning and Teaching. USA: Longman Pearson Education
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media
Ostroff, L Wendy. 2013. Memahami Cara Anak-anak Belajar. Jakarta: Indeks
Rusman, 2011. Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sapriya, 2011, Pendidikan IPS- Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset
Slamento, 2010. Belajar dan Faktor-Faktaor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, E Robert. 2009. Cooperative Learning – Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa media
Suharsimi, Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian – suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Suyatno, Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Grasindo
Suyitno, Amin. 2005. Mengadopsi Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. Seminar Nasional. F.MIPA UNNES.
Taufiq, Agus, Mikarsa, Prianto Puji. 2011. Pendidikan di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran UPI. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rajawali Press
Wahab, Abdul Aziz dkk. 2009. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka
Warsono, Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif- Teori dan Assesmen. Bandung: Rosda
Perundang-undangan
Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
Skripsi dan Tesis
Khasanah Zulfatul dengan judul “Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui permainan berburu harta karun pada anak kelompok B di TK Senaputra Malang
Aji Marwonto Aris Munandar, S.Si, SMP Internat Al Kausar Sukabumi, Jawa Barat, dengan judul “Pembentukan Karakter melalui Wahana Archipelago’s Food Treasure Hunt Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Kuis” Internet http://wikipedia.org/wiki/Treasure_hunt_(game. Diakses pada tanggal 21 Agustus 2013
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v3i1.7707
Refbacks
- There are currently no refbacks.