PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Tatang Rohendi, Asnawi Syarbini, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Cimanggu,Pandeglang; (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA  pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Cimanggu,Pandeglang (3) pengaruh dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Cimanggu Pandeglang. (4) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajar dengan media power point pada motivasi belajar rendah dengan hasil uji Fhitung(48,82)>Ftabel(5,32) (5) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara yang menggunakan media powerpoint dan motivasi belajar rendah dengan tanpa media powerpoint dan motivasi belajar rendah..metode penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif melalui metode penelitian eksperimen. Dengan populasi siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Cimanggu Kec. Cimanggu-Pandeglang sebanyak 40 siswa, dan sampel diambil secara purposive sampling dari populasi yang ada yaitu siswa kelas 8 sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes tertulis. Angket untuk memperoleh data media powerpoint dan motivasi belajar siswa sedang tes tertulis untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian diperoleh (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan media dan media power point dengan hasil uji Fhitung(12.20)>Ftabel (4.49). (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara motivasi belajar tinggi dan rendah dengan hasil uji Fhitung(52,88)>Ftabel(4.49) (3) terdapat pengaruh interaksi antara media powerpoint dengan motivasi belajar dengan nilai uji Fhitung(46.43)>Ftabel(4.49). (4) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajar dengan media power point pada motivasi belajar tinggi dengan hasil uji Fhitung(48,82)>Ftabel(5,32) (5) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara yang menggunakan media powerpoint dan motivasi belajar rendah dengan tanpa media powerpoint

Kata kunci : media pembelajaran, motivasi belajar, dan hasil belajar IPA


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

B. Uno, Hamzah.2010. Mengelola Kecerdasan dalam pembelajaran Jakarta :PT Bumi Aksara

Darmawan Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daryanto,2009. Panduan Proses pembelajaran kreatif dan inovatif. Jakarta:AV.Publisher.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Ahdi Maha Satya.

Djamarah. S. B dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawai Pers.

Hamalik, Oemar.2010. Psikologi Belajar dan Mengajar Bandung: CV Sinar Baru.

Hartono.2011. Pengaruh penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Pemahaman Konsep Kegunungapian (Vulkanis) Tesis SPS UPI Bandung,tidak diterbitkan.

Hasani,A 2014. Buku Pedoman Penulisan Tesis 2015.Pasca Sarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Joshua E. Suskind 2006 “Limits of Powerpoint. Enhancing,StudentsSelf efficacy and attitude but not their behavior” Computer and education 1-12.

Miarso,Y,H.2013.Menyemai benih teknologi Pendidikan,Jakarta:Prenada media group.

Nashar. 2004. Peranan motivasi dan kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta :Deliapress

Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riyanto Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Robert A.Bartsch and Kristi M.Cobern.2003. “Effectiveness of Powerpoint Presentations in Lecture. “Computer and Education 41 77-79.

Rusman. 2011.Model-model pembelajaran – mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta : PT Raja grafindo Persada.

Sanjaya,Wina.2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pranada Media Group

Sardiman. S. Arif, R. Rahardjo, Anung Haryanto, Rahardjito. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sharon E. Smaldino, D. L. Lowther, dan J. D. Russel. 2011. Intrucitonal Technologi & Media For Learning. Terjemahan Arif Rahman. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v3i1.7708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.