PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET DAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) cara pengembangan model media pembelajaran kartu kuartet dan pendidikan karakter peserta didik pada mata pelajaran PKn; (2) efektivitas kartu kuartet sebagai alternatif model media pembelajaran dan pengembangan pendidikan karakter peserta didik pada mata pelajaran PKn; dan (3) hasil belajar dan pendidikan karakter peserta didik setelah menggunakan produk hasil pengembangan media kartu kuartet pada mata pelajaran PKn tentang nilai-nilai luhur Pancasila kelas VIII SMP. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII SMPN 9 Cilegon semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model Borg and Gall. Hasil penilaian menunjukan bahwa (1) penilaian ahli materi pelajaran berada pada kategori sangat baik dengan rerata skor 3,85; (2) penilaian ahli media pembelajaran pada kategori sangat baik dengan rerata skor 3,80; (3) uji coba kelompok kecil berada pada kategori sangat baik dengan rerata skor 3,83; dan (4) uji coba lapangan berada pada kategori sangat baik dengan rerata skor 3,84. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan kartu kuartet PKn kegiatan pembelajaran PKn tentang nilai-nilai luhur Pancasila dapat berlangsung secara aktif, kreatif, dan menyenangkan, mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 79,72, dan terbukti efektif dapat mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik. Model media pembelajaran kartu kuartet PKn telah memenuhi persyaratan diterimanya sebagai media pembelajaran PKn tentang nilai-nilai luhur Pancasila kelas VIII SMP.
Kata kunci : Kartu Kuartet, Pendidikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, Nilai-nilai Luhur Pancasila
Full Text:
PDFReferences
Anitah, Sri. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta : UNS Press.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Borg, R Walter dan Gall Meredith D. 2007. Educational Research; An Introduction, Fifth Edition. Longman
Bronson, M.S, dkk 1998. Belajar Civic Education dari Amerika. Yogyakarta: Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKIS) dan The Asian Foundation (TAF).
Cogan, J.J. 1998. Citizenship for The 21 Century: An International Perspective on Education. London: Cogan Page
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Djahiri, A.K. 2002. Pendidikan Nilai dan Moral dalam Dimensi PKn. Bandung: Laboratorium PKn UPI.
Fatimah. 2012. Penggunaan Media Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Ragam Alat Musik. (Online): https://eprints.uns.ac.id/14126/1/2191-4955-1-PB.pdf
Gagne, M.R dan Briggs,L.J. 1988. Principles of Instructional Design. New York: Holt, Reinhart and Winston
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Hardiman, Budi. 2001. Pendidikan Moral sebagai Pendidikan Keadilan dalam Pendidikan: Kegelisahan Sepanjang Jaman. Yogyakarta: Kanisius
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP
Kementerian Pendidikan Nasional, 2011. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKn. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar
Lickona, Thomas. 1991. Educating For Character How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Book
Miarso, Yusufhadi. 2009. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v3i1.7709
Refbacks
- There are currently no refbacks.